641 Calhaj Lunasi BPIH, Kuota Haji Sumedang Terpenuhi

Sumedang Kota, Korsum
Kuota haji Kabupaten Sumedang untuk pemberangkatan tahun 2016 telah terpenuhi. Pasalnya, sebanyak 641 orang calon Jemaah haji yang tergabung dalam 5 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan Jemaah Mandiri, telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahap II yang ditutup pada tanggal 30 Juni lalu.
Kepala Kemenag Kantor Sumedang, H. Hasen mengatakan, sebenarnya Jemaah Haji asal Kabupaten Sumedang pada tahun 2016 ini mencapai 643 orang karena Kabupaten Sumedang mendapat tambahan 2 orang Jemaah haji lansia. Sedangkan yang 641 orang ini sesuai dengan kuota haji Kabupaten Sumedang.
“Dari daftar calon jemaah haji, terdapat dua orang jemaah lansia yang telah memenuhi syarat untuk diberangkatkan ke Tanah Suci. Kemudian ada kebijakan, bila lansia keberangkatannya bisa didahulukan, makanya yang dua orang ini bisa diberangkatkan sekarang,” jelasnya, Jumat (15/7), di ruang kerjanya.
Jemaah calon haji asal Sumedang ini, katanya, terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) yaitu kloter 7 sejumlah 450 orang dan kloter 65 sejumlah 200 orang, termasuk petugas haji di dua kloter tadi.
“Kloter 7 merupakan kloter utuh karena seluruh jemaahnya berasal dari Sumedang, sedangkan kloter 65 keberangkatannya akan digabung dengan Jemaah dari kabupaten lain di Jawa Barat,” kata H. Hasen.
Adapun jadwal keberangkatannya, Kabag Humas Kemenag, H. Hasan Bisri menambahkan, untuk kloter 7 rencananya berangkat pada Rabu (10/8) sekitar pukul 19.30 WIB dan diterima di Asrama Haji pada Kamis (11/8) pukul 00.10 WIB. Berangkat ke bandara Halim Perdana Kusumah pukul 18.10 dan take off pukul 21.10.  Sedangkan untuk kloter 65 akan berangkat (2/9) pukul 17.00 WIB, dan ke bandara Halim Perdana Kusumah (3/9) pukul 15.30 WIB serta take off pukul 18.30 WIB.
Tetapi sebelum berangkat, lanjutnya, seluruh calon Jemaah haji akan melaksanakan Bimbingan Manasik (bimsik) Haji yang akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 20 dan 21 Juli 2016, bertempat di Pusdai Sumedang sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Kemenag Sumedang No. 1/235/2016 tentang Penetapan Panitia Pelaksana, Narasumber, Moderator, Pembawa Acara dan Peserta Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 1437 H/2016 M.

“Narasumbernya adalah H. Buchori (Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jabar), H. Hasen (Kepala Kantor Kemenag Sumedang), H. Eddy Mulyadi Wijaya (Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh), dan H. Agus Seksarsyah Rasjidi (Kepala Dinas Kesehatan Sumedang),” pungkas Hasan Bisri.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar