Disdikbud Sumedang Sosialisasikan Kebijakan Pengelolaan Dapodik



Kota, Korsum
Ditahun ajaran baru 2016/2017, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sumedang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Dapodik (data pokok pendidikan) ke seluruh sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang.
Kami sudah sampaikan informasi tersebut kepada seluruh kepala sekolah yang ada di Kabupaten Sumedang, bahwa berdasarkan surat dari Kementerian dan kebudayaan tanggal 27 Juni 2016 perihal kebijakan pengelolaan data peserta didik, serta Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 tentang Dapodik dan memperhatikan pengelolaan data peserta didik dalam pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Pusat Data Stastistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) telah melakukan kordinasi dengan pengelola Dapo-Dikdasmen dan Dapo-PAUD-DIKMAS, serta unit kerja terkait lainnya dengan hasil kesepakatan,” kata Kadisdikbud Sumedang melalui Kasubag Program, Ruhdimat, Rabu (20/7), di ruang kerjanya.
Dikatakannya, seluruh data Peserta Didik (PD) yang belum memiliki NISN dan telah mengisikan data ke dalam aplikasi Dapo-Dikdasmen pada tahun 2015, akan secara otomatis diberikan NISN.Penerbitan NISN akan dilakukan oleh PDSPK disetiap tahun ajaran baru dengan ketentuan, bagi PD tingkat 1 SD,tingkat 7 SMP, dan tingkat 10 SMA/SMK dengan catatan bahwa datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapodik-dasmen oleh operator sekolah. Bagi PD baru di sekolah TK kelompok A dan B akan diberikan NISN dengan catatan bahwa datanya telah diisikan kedalam aplikasi Dapo-PAUD-Dikmas oleh opertor sekolah dan bagi PD jenjang kesetaraan Paket A, B, dan C akan diberikan NISN dengan catatan bahwa, datanya telah diisikan kedalam aplikasi Dapo-PAUD-Dikmas oleh operator sekolah,” jelasnya.
Kasubag Program menambahkan, waktu pengisian data peserta didik baru kedalam aplikasi Dapodik yang sudah diatur. Untuk Dapo-Dikdasmen dapat dimasukan sebelum akhir bulan September pada tahun ajaran yang sama dan untuk Dapo- PAUD-Dikmas dapat dimasukan sebelum akhir bulan November pada tahun ajaran yang sama, apabila data peserta didik baru tersebut, belum selesai dalam batas waktu seperti yang dimaksud tadi, maka penomoran NISN akan diberikan pada tahun ajaran berikutnya dan bagi peserta didik yang belum memiliki NISN dan atau pindahan setelah waktu yang telah ditentukan.
Peserta didik yang berasal dari sekolah diluar Kemendikbud, dapat menghubungi Disdikbud Sumedang untuk mengajukan NISN peserta didik yang bersangkutan dan bagi peserta didik yang berasal dari luar negeri, dapat melengkapi dokumen melalui sekertariat Ditjen Dikdasmen dan PDSPK akan menertibkan NISN bagi peserta didik bersangkutan,” paparnya.
Menurut Ruhdimat, hasil pengelolaan data dapat dilihat operator sekolah pada aplikasi verval PD melalui laman vervalpd.data.kemendikbud.go.id. **[Fathul Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar