Kantor Kemenag Sumedang Gelar Bimsik Haji

Sumsel, Korsum
Selama dua hari, 20–21 Juli 2016, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Bimbingan Manasik dan Perjalanan Haji Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 1437 H/2016 M di Komplek Pusdai Sumedang yang diikuti oleh seluruh jemaah calon haji asal Kabupaten Sumedang, Rabu (20/7) di Komplek Pusdai Sumedang.
Kepala Kantor Kemenag Sumedang, H. Hasen mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membekali jemaah calon haji dengan pengetahuan dan pelatihan agar benar-benar siap dan dapat beribadah dengan lancar sesuai ketentuan. “Di hari pertama jemaah calon haji akan mendapatkan materi berupa teori-teori penyelenggaraan ibadah haji. Hari berikutnya mereka akan mempraktikkan semua materi yang didapat dalam bentuk latihan intensif sehari penuh,” ucapnya.
Hasen menyebutkan, kuota haji Kabupaten Sumedang telah terpenuhi yakni 641 orang, di samping kuota tambahan sebanyak dua orang. “Jemaah dibagi ke dalam dua kelompok terbang (Kloter) yaitu Kloter 7 sebanyak 450 orang dan sisanya  bergabung dengan Kloter 65 bersama jemaah daerah lain di Jawa Barat. Rencananya semua dilepas secara simbolis oleh Bupati tanggal 2 Agustus 2016,” tuturnya.
Ia juga mengingatkan jemaah untuk membersihkan harta mereka sebelum berangkat dengan melaksanakan zakat, infak dan sedekah. “Agar ibadah kita tenang dan harta kita diberkahi, segera keluarkan hak-hak orang lain yang ada pada harta kita melalui zis,” imbuhnya.
Bupati H. Eka Setiawan mengatakan, selain kematangan secara finansial, ibadah haji juga memerlukan persiapan yang menyangkut kekuatan dan kesehatan fisik maupun mental. “Rangkaian ibadah haji sangat memerlukan kondisi yang benar-benar prima. Oleh karena itu, selain mengikuti latihan manasik seperti sekarang ini, juga harusmenjaga kondisi tubuh kita,” katanya.
Bupati juga berpesan agar jemaah membawa perbekalan seperlunya. “Jangan merepotkan diri dengan terlalu banyak membawa perbekalan, khususnya makanan, karena di sana juga tersedia. Jaga kekompakan dan kesopanan. Jaga nama baik bangsa yang sudah dikenal kesantunannya,” ujarnya.
Bupati meminta kepada jemaah turut dido’akan agar dalam memimpin Sumedang diberi kemudahan dan kelancaran. “Mohon do’anya nanti di tempat-tempat ijabah agar Sumedang yang kita cintai benar-benar sejahtera. Begitu pula, kami akan mendo’akan Bapak Ibu semua agar selau berada dalam perlindungan Allah dan meraih haji yang mabrur,” pungkas Bupati.
Kegiatan Bimsik tersebut dihadiri oleh Perwakilan Forkopimda Kabupaten Sumedang, Ketua Komisi C DPRD Nurdin Zaen, Ketua MUI Kabupaten Sumedang K. H. Adam Malik Ibrohim, Perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Ketua Baznas Sumedang H. Ali Badjri, Kepala Kantor Kemenag Sumedang H. Hasen beserta jajarannya, pimpinan BPS dan BPIH, dan TPIH serta TPHI Kabupaten Sumedang.**[Hendra|Ade Anisa]

Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar