PPDB SMKN1 Sumedang Tidak Mengacu pada Keputusan Rapat Kaji Silang



Kota, Korsum
Berdasarkan keputusan rapat kaji silang SMA/SMK yang dilaksanakan pada Senin lalu (11/7), bahwa jumlah penerimaan siswa baru berpedoman pada aturan undang-undang dosen dan guru, yaitu 1:20 untuk SMA dan 1:15 untuk SMK, artinya jumlah siswa di satuan pendidikan atau disebuah sekolah untuk SMK jumlah guru PNS X 15 siswa karena ada kaitan penghitungan jam pada sertifikasi.
Dengan demikian, untuk SMK Negeri 1 Sumedang yang jumlah guru PNS-nya ada 89 orang, maka jumlah seluruh siswanya adalah 89 x 15= 1335 siswa, dan untuk tingkat X = 1335 : 3 = 445 siswa, sehingga kuota penerimaan kelas X yang baru sebanyak 445 siswa. Namun kenyataanya, SMKN 1 Sumedang menerima siswa sebanyak 658 siswa.
Menurut Ketua PPDB SMKN 1 Sumedang, Dede Wardadi, Jumat (22/7), di halaman depan SMKN 1 Sumedang, bahwa jumlah siswa baru yang diterima untuk tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 658 siswa yang dibagi menjadi 18 rombel di paket teknik. Sedangkan 2 rombel di paket seni karawitan merupakan rombel yang terpisah, dan rombel seni karawitan ada SK khusus dari bupati jamannya pak Ade Irawan, untuk membuka paket seni seolah paket titipan, karena di Sumedang belum ada sekolah kejuruan seni.
“Mengenai 18 rombel dengan jumlah siswa 658 orang ini, disesuaikan dengan alokasi paket, kelas dan guru yang tersedia. Saya tidak tahu ada ketentuan 1 : 15, yang saya pergunakan Permendikbud nomor 23 tahun 2016 yang menyatakan satuan pendidikan kejuruan boleh sampai 72 rombel,” katanya. Ketika Korsum mau konfirmasi kepada Kepala SMKN 1 Sumedang, melalui telepon selulernya tidak ada jawaban.
Selengkapnya Dede yang didampingi oleh Wakasek Kurikulum Yuyun Saripudin merinci jumlah rombel tiap paketnya, yakni teknik gambar bangunan 3 rombel, teknik intalasi pemanfaatan tenaga listrik 2 rombel, teknik otomasi industri 1 rombel, teknik audio video 1 rombel, teknik elektronika industri 2 rombel,tTeknik permesinan 2 rombel, teknik pengelasan 1 rombel, teknik kendaraan ringan 3 rombel, teknik komputer jaringan 2 rombel, dan teknik rekayasa perangkat lunak 1 rombel.**[Suherly]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar