Banyak Potensi Destinasi Pariwisata Sumedang Tapi Minim Promosi dan Publikasi

Kota, Korsum
Asisten Deputi (Asdep) Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat pada Kementeriaan Pariwisata, Widayanti Bania, dirinya melihat banyak potensi wisata di Kabupaten Sumedang yang perlu dikembangkan sebagai destinasi wisata, dan untuk itu perlunya partisipasi dari masyarakat secara langsung.
“Di Sumedang banyaknya potensi wisata yang bisa dikembangkan sebagai destinasi, dan untuk mewujudkan itu  diperlukan partisipasi masyarakat secara langsung di sekitar lokasi wisata, dengan kesadaran melaksanakan sapta pesonan,” katanya, saat mengikuti acara Kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, di Wisata Kampung Toga, Jumat (26/8).
Akan tetapi, Widayanti menyayangkan, dengan banyaknya potensi tersebut  promosi dan publikasi sejumlah objek wisata yang ada di Sumedang masih sangat minim, dan melalui Kampanye Aksi Sadar Pesona itu, diharapkan bisa mendorong pemerintah daerah, untuk terus menerus mempromosikan potensi daerahnya kepada publik.  Sementara gerakan sadar wisata harus terus dilakukan sebagai bentuk dukungan untuk kemajuan wisata di Sumedang, karena investasi wisata  tidak akan pernah ada matinya.
Menurut Widiawati, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara pihak Kementrian Pariwisata dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, yang bertujuan sebagai salah satu upaya untuk mensosialisasikan serta menyadarkan masyarakat di sekitar lokasi wisata agar semuanya bisa turut memperhatikan Sapta Pesona. “Tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan serta menyadarkan masyarakat agar semuanya memperhatikan sapta pesona,” pungkasnya.
Sementara itu, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan, yang turut hadir dan membuka acara tersebut menyambut baik program Kementerian Pariwisata tersebut.  "Saya  sependapat bahwa potensi wisata itu tidak ada matinya, untuk itu kita akan meningkatkan promosi terhadap berbagai potensi destinasi wisata,” tuturnya.
Eka berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat yang berada disekitar lokasi objek wisata untuk ambil bagian, sesuai dengan potensinya masing-masing yang ada dilingkungannya.  “Masyarakat harus ambil bagian dan memanfaatkan peluang yang ada untuk menambah penghasilannya, manfaatkanlah peluang itu,” pungkasnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar