Buntut Dugaan Pemalsuan Data Pencalonan Kades Bugel Dipolisikan

Tomo, Korsum
Meski Sudjana kini sudah resmi menjabat sebagai Kepala Desa Bugel Kecamatan Tomo, namun hal itu masih berbuntut. Pasalnya, dia (Kades) dilaporkan ke Polres Sumedang atas dugaan memalsukan data-data pada saat pencalonan Kades waktu itu. Hal itu, diakui pihak pelapor yakni Nana Rohana warga Dusun Gandawesi Rt 001 Rw 004, Desa Bugel Kecamatan Tomo
Menurutnya, dia (Nana Rohana) telah menguasakan permasalahan tersebut ke pihak kedua. “Saya telah menguasakan pada 30 Mei 2016 lalu kepada saudara Kasta Ginting untuk mempersoalkan atau memperkarakan permasalahan terkait data-data pencalonan kepala desa atas nama Sudjana yang kini menjabat sebagai Kades Bugel dan beralamat di Dusun Bugel RT/RW 02/03, Desa Bugel Kecamatan Tomo,” kata Nana Rohana, Senin (22/8), di tempat aktifitasnya.
Sementara, Sulaiman warga Desa Bugel berharap, kepada pihak penegak hukum untuk menindaklanjuti laporan tersebut dengan cepat dan tepat. “Saya sebagai masyarakat Desa Bugel berharap, kepada semua elemen masyarakat untuk dapat memantau penegakan supermasi hukum atas dugaan perkara tindak pidana pemalsuan surat sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 KUHP pidana,” katanya, Senin (22/8), di kediamannya.
Dikatakannya, ia berharap ada kejelasan dari kasus ini, apakah kasus ini pidananya dianggap kuat ataukah lemah, karena kasus ini telah bergulir sejak lama yakni sudah sekitar enam bulan.
Lebih jauh Sulaiman mengatakan, dokumen-dokumen sebagai syarat pencalonan kades yang diduga dipalsukan antara lain, data-data seperti nama, tempat dan tanggal lahir di ijasah dan akta nikah tidak sesuai, kalau di akta nikah nama lengkap dan aliasnya Ade Sujana tempat tanggal lahir Sumedang, 16-8-1954,  sedangkan berdasarkan surat keterangan dari Kepala SMPN 1 Kadipaten bahwa nama Sudjana tempat dan tanggal lahirnya Sumedang, 17 Agustus 1957. “Saya sebagai warga Desa Bugel hanya menuntut keadilan ditegakan disini,” kata Sulaeman.
Dikonfirmasi Korsum, Kamis (25/8), Kasat Reskrim Polres Sumedang AKP Hadi Mulyana membenarkan, adanya laporan tersebut dan saat ini perkaranya masih dalam proses penyelidikan.

Sementara, dikonfirmasi lewat telepon selulernya, Sudjana yang kini menjabat sebagai Kades Bugel Kecamatan Tomo, mengatakan bahwa permasalahan tersebut sudah selesai. “Saya hanya dimintai penjelasan terkait laporan tersebut, dan semuanya sudah beres tidak ada masalah,” katanya**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar