Cimalaka Bakal Punya RSU Tipe C

Kota, Korsum
Pemerintah Kecamatan Cimalaka mengapresiasi rencana pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) tipe C yang berlokasi di Desa Mandalaherang Kecamatana Cimalaka. Begitu pula warga Cimalaka pun sangat mendukung dibangunnya rumah sakit dengan fasilitas lengkap dan tenaga medis handal, mengingat selama ini, masih banyak warga yang sakit tidak tertampung di RSUD kabupaten Sumedang.
Namun Camat Cimalaka, Asep Aan Dahlan memberikan beberapa catatan yang harus dipenuhi oleh pemilik atau pengembang RSU nantinya. Terutama masalah perizinan harus ditempuh secara keseluruhan sesuai peraturan perundang-undangan, termasuk di dalamnya UKL dan UPL serta Andal.
“Selain itu, kami minta pengusaha agar memberdayakan tenaga kerja setempat sesuai kebutuhan dan keahliannya,” ujar Camat, Selasa (23/8) saat ekspose Rumah Sakit Tipe C di Pendopo Kecamatan Cimalaka.
dr. H. Udin selaku Direktur PT AKIS AJB Makmur yang akan membangun rumah sakit tipe C tersebut menyebutkan, pertimbangan membangun rumah sakit tipe C karena sistem rujukan BPJS harus melalui rumah sakit tipe C terlebih dahulu.
“Kalau langsung bikin RS tipe B nanti tidak bisa menerima pasien peserta BPJS karena sistem rujukannya harus bertahap,” katanya.
H. Udin menambahkan, tujuan membangun rumah sakit ini sebagai upaya membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mengingat layanan kesehatan di Kabupaten Sumedang dirasa masih kurang. Bahkan RSUD sendiri saat ini masih kekurangan bed untuk pasien rawat inap.
“Selain sarana dan prasarana lengkap dengan alat kesehatan yang sesuai dengan standar kesehatan nasional, kami pun akan memakai dokter yang telah memiliki SIP (Surat Ijin Praktek) sesuai dengan aturan IDI (Ikatan Dokter Indonesia),” imbuhnya.

Rumah sakit yang akan dibangun tersebut akan memiliki 200 kamar rawat inap. Lokasinya di Dusun Cicelot RT.01 RW.08, Desa Mandalaherang, Kecamatan Cimalaka. Rumah sakit tersebut akan diberi nama Rumah Sakit Tipe C Cimalaka.**[Hendra
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar