Desa Naluk Meulah Pasir Buka Jalan Baru

Cimalaka, Korsum
Lebih dari seratus orang warga Desa Naluk Kecamatan Cimalaka beramai-ramai ngabukbak pasir (perbukitan) di Blok Pasir Gede di Dusun Cilembang. Dipimpin langsung Kepala Desa dan Ketua TPK Desa Naluk, ratusan warga membuka jalan baru membelah bebukitan atau pasir Gede sepanjang 371 meter.
Menurut Kades Naluk, H. Sutia Sunartiana, jalan baru yang akan dibuka ini panjangnya 371 meter dan lebar 5 meter, tapi untuk badan jalannya hanya 3 meter sedangkan 2 meter lagi untuk saluran drainase di kiri kanan jalan.
Sutia menyebutkan, anggaran untuk pembuatan jalan baru ini sebesar Rp 198,2 juta yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2016, ditambah swadaya dari masyarakat sekitar Rp 15 juta berupa tenaga kerja, material, dan konsumsi. Bahkan ada salah seorang warga yang menghibahkan tanahnya seluas 30 bata. Pekerjaan ditargetkan harus selesai dalam jangka waktu 90 hari kalender.
“Pembukaan jalan baru ini untuk meningkatkan perekonomian warga yang sebagian besar petani karena akan menghemat jarak sejauh dua kilometer bila akan ke Kecamatan Tanjungkerta sehingga dapat mengurangi biaya transportasi,” ujarnya Selasa (9/8) di ruang kerjanya.
Anggaran sebesar itu, tutur Sutia, hanya sampai pengerasan jalan saja, sedangkan untuk pengaspalannya akan dianggarkan pada tahun depan. Begitu pula pembangunan TPT setinggi 3 meter dan pembuatan saluran drainasenya.

Pasir Gede seluas satu hektar yang saat ini ditanami pohon Albasia dan pohon kopi, lanjutnya, memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Sehingga kedepannya juga akan dibangun objek pariwisata. “Ini juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan bisa menyerap tenaga kerja. Selain itu juga dapat menambah PADes,” pungkasnya.**[Hendra
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar