Gara-Gara Visa Belum Turun, 83 Calhaj Sumedang Gagal Berangkat

Kota, Korsum
Dari 374 calon Jemaah haji  dari kelompok terbang (kloter) 7 yang bertolak dari Sumedang pada Rabu malam (10/8), sebanyak 83 calon haji gagal berangkat. Gara-garanya, ratusan calhaj ini belum menerima visa haji yang seharusnya sudah dikantongi sejak beberapa hari lalu.
Humas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang, H. Hasan Bisri mengatakan, calon haji yang belum mendapatkan visa sebanyak 181 orang yang berasal dari 5 KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) dan Mandiri, yaitu KBIH An-Nuur (31 calhaj), KBIH Multazam (33 orang), KBIH Bina Insan (17 calhaj), KBIH Asy-Syifaa (82 calhaj), KBIH Intania (16 calhaj), dan Mandiri (2 calhaj).
Menurut Hasan Bisri, keterlambatan visa haji tersebut bukan tanggungjawab Kemenag Sumedang, tetapi kewenangannya ada di Kedubes Saudi Arabia. Namun begitu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kedubes agar secepatnya visa haji ini segera bisa keluar.
“Jadi, bukan gagal berangkat, tetapi hanya tertunda saja menunggu visa-nya turun. Nantinya mereka ini akan diberangkatkan bersama kloter 65 yang dijadwalkan pada 2 September. Sudah ada jaminan dari pihak kedubes,” ujarnya, Rabu, (10/8), di ruangannya.
Bisri menututrkan, visa yang diajukan itu turunnya dua hari sekali. Kalau turun tanggal 10, maka tanggal 12 baru turun lagi. Begitu seterusnya sampai beres semuanya. Tapi kalau belum turun semua visa yang diajukan pertama, kita tidak bisa mengujan berkas dulu.
“Untuk menggenapkan jumlah kloter tersebut, kita memberikan kesempatan kepada calhaj yang dijadwalkan berangkat pada daftar kloter 65. Tetapi mereka menolak karena belum melakukan persiapan apapun,” ujarnya.
Belum turunnya visa haji ini disebabkan masalah administrasi saja. Kemenag tidak bisa memastikan alasan yang jelas karena hal ini bisa saja terjadi karena kesalahan administrasi. Sementara, informasi batalnya berangkat para calhaj ini baru diterima Kemenag pada Rabu (10/8) pukul 01.00. Dari informasi tersebut, ternyata ada 181 calhaj yang masih belum menerima visanya.
“Pada kloter tujuh ini ada 83 yang belum turun visanya dan pada kloter 65 ada 98 calhaj yang masih belum turun visanya hingga Rabu,” kata Hasan.
Kemenag berharap pada jadwal keberangkatan September nanti, visa milik calhaj yang semua diagendakan berangkat pada kloter 65 ini sudah selesai. Begitu juga dengan visa calhaj pada kloter 7 ini diharapkan segera turun dan akan diberangkatkan pada kloter yang kosong.
“Semula Kabupaten Sumedang akan memberangkatkan calhaj pada kloter 7 sebanyak 374 dan pada kloter 65 sebanyak 221 calhaj,” pungkasnya.
Hingga hari Kamis (11/8), di aula kantor Kemenag Sumedang masih terlihat puluhan koper yang belum diambil kembali oleh  calon haji kloter 7 yang tidak jadi berangkat.**[Hendra]


Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar