Kadisduk Ditahan Pelayanan Terganggu

Kota, Korsum
Masyarakat Sumedang mengeluhkan pelayanan administrasi kependudukan terhambat gara-gara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipi, Nana Sutisna, saat ini sedang dikerem di Lapas akibat terlilit masalah hokum semasa menjadi Kabid Kominfo di Dinas Perhubungan.
“Saya rurusuhan datang mau bikin Akte ternyata dipending dulu cenah belum bisa dicetak. Katanya pak Kadisnya ga ada jadi tidak ada yang nanda,” ujar Yuli asal Kecamatan Rancakalon, Senin (22/8) di kantor Disdulcasip.
Kabid Pencatatan Sipil melalui Kasi Pendaftaran dan Pencatatan, H. Jajang membenarkan, sekitar tujuh puluhan berkas permohonan Akta Kelahiran yang masuk pada hari Jumat lalu dan hari ini dipending dulu. Ia tidak berani mencetak akte karena ada lekosongan Kepala Dinas.
“Sampai hari ini kita belum mendapat informasi siapa yang akan menjadi Pelaksana Tugas Kepala Disdukcasip sehingga kita tidak berani cetak akte. Kalau saya cetak nama Kadis yang lama, nanti ternyata datang Plt-nya kan jadi salah. Harus cetak ulang lagi,” terangnya.
Hal senada dikatakan Kabid Kependudukan, Arifin, tapi yang terhambat hanya pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) saja, sedangkan pembuatan KTP tidak ada masalah. Untuk pembuatan KK dan Akte, kata Arifin, harus tanda tangan basah Kepala Dinas.
“Tadi pagi kita sudah mencoba ke Lapas bawa berkas untuk ditandatangani pak Kadis, tapi tidak diijinkan karena harus saat jam besuk dan waktunya hanya pada hari Kamis. Tapi untungnya kita diberi waktu selama lima belas menit untuk bertemu pak Kadis dan itu dimanfaatkan untuk menandatangani sebagian KK dan Akte,” ujarnya.
Menurut Arifin, sama dengan Akte, berkas permohonan KK yang masuk hari ini tidak bisa dicetak dulu sebelum ada kejelasan soal Plt Kadis. “Kami mohon pak Bupati agar segera menunjuk Plt supaya pelayanan masyarakat serta adinistrasi dinas tidak terganggu,” pungkasnya.**[Hendra] 
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar