Meriahkan HUT RI ke-71, Darmaraja Gelar Festival Seni Budaya

Darmaraja,Korsum
Dalam rangkaian kegiatan seperingatan HUT RI ke-71 RI tingkat kecamatan Darmaraja melaksanakan berbagai festival lomba seni budaya
Menurut Camat Darmaraja Agus Kori Hidayat, dari Sanggar Raksa Mandala Darmaraja yang akan diikuti oleh puluhan peserta pentas seni Budaya Sunda. Pentas ini merupakan bentuk komitmen dalam memberikan pencerahan terhadap seni dan budaya pada 2016 ini.
Sebagai wadah yang membidangi seni dan budaya khususnya kecamatan Darmaraja, Sanggar ini akan terus berupaya memberi pencerahan kepada masyarakat Sunda tentang senidan budayayang diwariskan para leluhur terdahulu, seperti pentas ini banyak menampilkanseni buhun yang hampir punah.
“Ini merupakan pertunjukan dalam rangkaian memeriahkan hut RI ke-71. Saya bersama pengelola di Sanggar Raksa Mandala sangat berharap agar kegiatan yang ditampilkan nanti dapat diterima oleh masyarakat terutama para pemuda yang ada dikecamatan Darmaraja,” katanya, Jumat (12/8), di tempat aktifitasnya.
Dikatakannya, banyak seni dan budaya disini yakni diantaranya Koromong Eyang Jangel, Angklung Buncis dan Terbang.Angklung Buncis merupakan seni pertunjukan yang bersifat hiburan dan pada mulanya digunakan pada acara-acara pertanian yang berhubungan dengan padi. Tetapi pada masa sekarang Buncis dijadikan sebagai seni hiburan. Sejalan dengan itu penyimpanan padi pun (Leuit, lumbung) mulai menghilang dari rumah-rumah penduduk.  Anklung Buncis juga berkaitan dengan sebuah teks lagu yang terkenal dikalangan rakyat, yaitu cing kacang buncis nyencle...dan sebagainya,” tuturnya.
Lebih jauh Camat mengatakan, adapun seni Terbang Buhun merupakan salah satu seni pertunjukan rakyat yang tersebar dibeberapa tempat di Jawa Barat.”Pada masalalu katanya seni terbang Buhun  digunakan sebagai media dakwah Islam melalui pupujian disepanjang pertunjukan berlangsung. Terbang Buhun dianggap pula memiliki kekuatan-kekuatan spritual dan mistis karena itu seringdipakai pula dalam upacara ngaruwat.

Ditempat yang sama ,menurut WD Darmawan Ider Alam budayawan setempat, Seni Koromong Eyang Janggel dipercaya meupakan warisan leluhur dari kerajaan Tembong Agung.Koromong Eyang Janggel merupakan Buah karya dari Empu puradangdang di daerah Sadang,” jelasnya.**[Fathul Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar