Meski Belum Ada SK Penghapusan, Mobdin Sudah Laku Dilelang

Kota, Korsum
Beberapa Mobil Dinas (Mobdin) beberapa waktu lalu sudah dilelang, bahkan telah laku terjual meskipun belum ada penghapusan asset, sehingga hal tersebut dipertanyakan.
Menurut sumber Korsum dari internal PNS di lingkungan Pemda Sumedang, diantara paket lelang terdapat Mobdin yang berjenis, merk, type dan tahun tertentu.Mobdin jenis minibus merk Toyota Rush Tahun 2011 dengan nomor kendaraan 789, setahu saya itu sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) mestinya harus ada penghapusan asset terlebih dahulu sebelum dilelang, karena dikhawatirkan jadi temuan BPK,” katanya, Rabu (24/8), di tempat aktifitasnya.
Lebih lanjut Sumber mengatakan, Mobdin tersebut belum genap 7 tahun.  Kalau mobdinnya keluaran 2011 berarti ditahun ini baru 5 tahun, apakah boleh penghapusan dan biasanya temuan dari BPK yakni Mobdin yang belum dikembalikan. “Maka saya berharap, semua aset dapat diinventarisir secara menyeluruh terlebih dahulu,” katanya.
Ditempat berbeda, Kasubag Asset dan Pengelolaan Barang Daerah, Nanang S mengatakan, bahwa dalam hal ini ia berpedoman pada Permendagri nomor 19 tahun 2016. “Intinya barang dijual dulu baru penghapusan, sebaliknya kalau berpedoman pada Permendagri nomor 17 tahun 2007, maka penghapusan dulu baru pelelangan barang,” jelasnya, Rabu (24/8), di tempat aktifitasnya.
Lebih jauh ia mengatakan, Pemkab Sumedang telah melaksanakan pelelangan barang milik daerah pada Jumat lalu (19/8), bertempat di kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung Gedung ”N” Lantai II  Gedung Keuangan Negara Jalan Asia Afrika Nomor 114 Bandung.
Hal itu, berdasarkan keputusan Bupati Sumedang Nomor : 035/KEP-375-/HUK/2016 tanggal 2 Agustus 2016 Tentang Persetujuan Penjualan Kendaran Dinas dan Besi Tua Milik Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui perantara KPKNL terhadap inventaris berupa paket kendaraan roda 4 dengan berbagai merk dan jenis, kondisi dan tahun pembuatan.

Kami melaksanakan lelang juga berdasarkan perihal berita acara hasil pengujian penghapusan kendaraan bermotor dari Dishubkominfo Kabupaten Sumedang pada 29 Juni lalu dengan hasil telah melaksanakan pemeriksaan kendaraan yang saat ini sudah dilelang yakni Toyota Rush no. Kendaraan Z-789-A tahun 2011 dengan hasil pemeriksaan 25,10 persen, Nissan Grand Livina Nomor kendaraan Z-461-A Tahun 2011 hasil pemeriksaan 22,10 persen dan jenis kendaraan  Toyota Avanza Z-1235-A Tahun 2013 dengan hasil 20,05 persen,” sebutnya.**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar