Pasca Lebaran Pelanggaran Lalin Meningkat

Sumut, Korsum
Pasca lebaran, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumedang kembali melakukan operasi rutin lalu lintas (lalin) di beberapa wilayah Kabupaten Sumedang terhadap kendaraan roda dua dan roda empat, baik kendaraan pribadi, umum, dan kendaraan dinas.
Kanit Turjawali, Ipda Suratman yang memimpin operasi lalin tersebut, setelah lebaran lalu tingkat pelanggaran lalu lintas relatif meningkat meskipun tidak terlalu signifikan. Menurutnya, pelanggaran lalin paling banyak dilakukan para pengguna motor roda dua, yaitu pengendaranya tidak mengenakan helm dan tidak dapat menunjukan surat-surat kendaraan dan SIM, kendaraannya tidak dilengkapi plat nomor, serta menggunakan knalpon yang bising. Begitu juga kendaraan roda empat.
Terhadap para pelanggar lalu lintas tersebut, aparat kepolisian lalu lintas memberikan sanksi tilang tanpa pandang bulu sesuai aturan berlaku. Meski begitu, kata Suratman, saat melaksanakan tugas operasi lalin ini, anggotanya selalu mengedapankan tindakan pre entif terhadap para pelanggar lalin dan juga pengguna jalan lainnya.
Tujuan operasi lalin ini, lanjutnya, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di sejumlah ruas jalan yang cukup rawan. Dan juga untuk menekan angka pencurian motor.

“Tapi juga bilamana ditemukan ada pelanggaran lalin yang membawa barang haram seperti narkoba atau miras atau senjata tajam, untuk tindakan pertama kita amankan orang dan barangnya. Kemudian kita serahkan kepada satuan yang lebih berwenang untuk ditangani lebih lanjut,” pungkas Suratman, Kamis (4/8) di Pos Gatur Bundaran Alamsari.**[Tenni Suhartini|Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar