Pol PP Sumedang Tertibkan Mini Market Tak Berizin


Wado, Korsum

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumedang, menutup keberadaan 2 Alfa Mart yang tidak mempunyai izin di Kecamatan Wado, dan Satu Mini Market Ceria Mart di Kecamatan Darmaraja. Penutupan tersebut, dikarenakan para pemilik dari Alfa Mart tersebut tidak menempuh izin terlebih dahulu, selain itu keberadaan kedua Alfa Mart tersebut disebut sudah melecehkan Peraturan Daerah (Perda) No. 3 tahun 2014 tentang Operasional Mini Market.
Sementara Berdasarkan perda tersebut, jarak pendirian mini market dari pasar tradisional minimal 2 km. Selain itu, jarak dari mini market ke mini market lainnya minimal 500 meter, Perda No. 7 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat dan Perda No. 15 tahun 2011
Hal tersebut, dikatakan oleh Kasatpol PP Sumedang, Asep Sudrajat, bahwa keberadaan kedua Alfa Mart di Kecamatan Wado tersebut sudah melecehkan Perda No. 3 Tahun 2014 tentang Operasional Mini Market dan Perda No. 15 tahun 2011 tentang bangunan Gedung. “Kita akan tutup kedua Alfa Mart tersebut karena sudah melecehkan Perda, yang satu melanggar Perda No 3 tahun 2014 dan yang satu lagi melanggar Perda No. 15 tahun 2011,” tegasnya, saat dikonfirmasi Korsum, di ruang kerjanya, Rabu (24/8).
Asep Sudrajat juga mengatakan, dalam penertiban tersebut dirinya tidak akan tebang pilih, walaupun satu dari alfa tersebut merupakan milik dari keluarga salah satu anggota DPRD Kabupaten Sumedang. “Kita akan tertibkan walaupun itu milik keluarga anggota DPRD, kalau sudah melanggar ya kita tertibkan, dan saya tidak akan tebang pilih,” katanya.
Selain kedua Alfa mart yang ada di wado, kita juga menutup mini market Ceria Mart yang berada di Kecamatan Darmaraja, hal tersebut dikarenakan hasil pemeriksaan produk yang dijual merupakan masih produk dari Indomart, sementara pada perizinannya merupakan toko ceria mart. ”Kita juga tutup ceria mart yang darmaraja, karena menjual produk-produk indomart dan tidak sesuai dengan perizinannya,” tuturnya.
Seperti diberitakan Koran ini sebelumnya, salahsatu Alfa Mart yang di Kecamatan Wado merupakan merupakan milik keluarga Dian Iswara anggota DPRD Kabupaten Sumedang, komisi A, dan keterangan dari satpol pp bahwa izin yang dimilki untuk peruntukan toko.

Sementara itu, informasi yang diterima Korsum, Jumat (26/8), salah satu Alfa mart yang berada di Desa Cikareo Kecamatan Wado, yang sebelumnya ditutup karena melanggar Perda No 15 Tahun 2011, kini sudah beroprasi kembali.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar