SDM Meningkat, Ekonomi Pun Meningkat

Rancakalong, Korsum
Disnakertrans melalui Balai Latihan Kerja (BLK) baru baru ini melaksanakan program jemput bola di Desa Cibungur Kecamatan Rancakalong. Progam tersebut merupakan upaya meningkatkan Swadaya Daya Masyarakat (SDM) yang bertujuan ekonomi juga dapat meningkat.
Latihan kerja yang dimulai Senin (7/8) hingga Jumat (12/8), bertempat diaula kantor Desa Cibungur. “Dalam pelatihan ini, warga dapat pelatihan hingga nantinya menjadi tenaga ahli. Seperti  keahlian dibidang mebeler, bidang  las, baik las Listrik maupun las karbit,” kata kepala BLK Guna Wikarya, Rabu (10/8).
 Bahkan lanjutnya, dalam latihan ini di damping langsung oleh instruktur ahlinya dari  BLK Rancapurut. Bahkan diakhir  latihan, warga yang sudah dilatih ini akan mendapatkan sertifikat bagi yang baik, dan surat keterangan bagi yang mengikuti saja.
Ditempat yang sama, latihan kerja itu diikuti peserta dari Yayasan Bina Marga. “Kami berterima kasih atas kerja sama Desa, Disnaker dan BLK yang sudah memberikan sarana pelatihan untuk warga khususnya. Mudah-mudahan anggota kami bisa meningkat SDM-nya dalam bidang ini sehingga bisa menjadi bekal untuk meningkatkan ekonomi,” kata Setia Ketua Yayasan itu.
Kades Cibungur Ahmad Solihin menyebutkan, pihaknya memiliki 2 Pusat Kegiatan Belajar Mayarakat  (PKBM) paket B dan paket C di Rancakalong yaitu di Desa Sukahayu dan di Desa Cibungur.
 “Dengan adanya pelatihan ini,bersyukur karena biasanya kita harus ke Rancapurut tapi sekarang jemput bola dari Disnaker. Mudah-mudahan Rancakalong bisa jadi tipe A jangan tipe B. Sehingga dengan mengikuti pelatihan ini bisa meningkatkan SDM ,karena SDM meningkat ekonomi pun ikut meningkat,” tutur kades.
Bantuan Benih
Lain halnya di Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan. Warga desa ini mendapatkan bantuan Benih Jambu Kristal dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Balai pengawasan sertifikat dan holtikultura Provinsi Jawa Barat sebanyak 60 benih.

Kades Sukawangi  Asep Suhendi, mengatakan, 60 benih jambu Kristal ini akan di sebarkan ke kelompok tani supaya di kembangkan.  “Bila panen Jambu Kristal ini, rasa buah enak, bahkan bentuknya seperti buah Apel. Selain itu, banyak manfaatnya bagi kesehatan seperti untuk diare, batuk dan flu karena mengandung zat oksidan yang menjaga pencernaan,” jelasnya.**[yf saefudin]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar