SMK Kehutanan Rimba Bahari, Didik Siswa Karakter Peduli Lingkungan

Situraja, Korsum
Dalam upaya penanaman karakter sikap peduli terhadap lingkungan perlu metode yang sesuai agar siswa termotivasi untuk melakukannya. Membuang sampah pada tempatnya merupakan salahsatu program yang ada di SMK Rimba Bahari  disamping kegiatan yang merupakan salah satu program kegiatan untuk pembudayaan karakter peduli lingkungan dan lingkungan sekolah.
Menurut Kepala SMK Kehutanan Rimba Bahari, Transisia Lancin, kegiatan ini membudayakan seluruh personil guru sekolah dan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya.
Sebelumnya, sampah dibedakan menjadi dua yaitu samapah basah dan sampah kering. “Mengambil atau mengumpulkan sampah dan kemudian membuang ketempat pembuangan sampah untuk dibakar dan memilah sampah yang mungkin masih bisa dibuat kerajinan tangan atau daur ulang,” katanya, Jumat (19/8), di tempat aktifitasnya.
Dikatakannya, membuat jadwal menyapu tiap kelas mungkin sudah menjadi kegiatan umum yang dilaksanakan disetiap sekolah, baik tingkat sekolah dasar maupun tingkat lanjutan. Dengan pembuatan jadwal menyapu kelas yang diterpkan seyogyanya dapay memberikan modal utama bagi siswa untuk selalu membuat ruangan tetap bersih. “Dengan pemberian jadwal menyapu ini anak mendapat tanggung jawab untuk menjaga kelasnya dari sampah ataupun debu yang dapat menghambat proses kegiatan belajar mengajar (KBM) karena ruangan kelas tidak nyaman,” tuturnya.

Tujuan pendidikan tersebut tidaklah selalu tercapai , dan pendidikan tidak hanya tanggung jawab guru tetapi tanggungjawab bersama baik pemerintah, guru dan masyarakat. “Lebih jauhnya pada lingkungan di sekitar kita,” pungkasnya.**[Fathul Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar