Soal Wabup Sekretaris PPP : Sepertinya Bupati Enggan Ada Wakil

Kota, Korsum
Pelantikan Bupati Sumedang Eka Setiawan sudah cukup lama. Namun sampai saat ini, bupati masih lajang belum ada wakilnya. Bahkan, tampak tenang-tenang saja, seolah lebih senang sendirian dan sepertinya bupati itu enggan bila ada wakil.
Padahal,  Demokrat dan PPP sudah musyawarah soal calon wakil bupati, tinggal dijadwalkan dengan bupati. “Dulu sebelum dilantik sudah dikonfirmasikan oleh  Ketua DPC Dony Ahmad Munir soal wakil. Bupati pun saat itu beralasan nanti setelah dilantik yang katanya biar tenang. Kitu bahasana teh,” kata Sekretaris PPP Sumedang, Nuroni Oktora, di kantornya, Kamis (11/8).
Namun, setelah dilantik hingga sampai saat ini, lanjutnya, bupati itu boro-boro ngagupai kepada kedua partai ini.  Bahkan bupati itu tampaknya seolah enggan bila ada wakilnya. Sehingga sampai saat ini, soal calon wakil bupati itu belum ada respon atau lampu hijau dari bupati itu.
“PPP dan Demokrat masih berbaik sangka, sejauh mana respon bupati soal calon wakil itu. Tapi seharusnya, Eka yang jadi bupati  saat ini, sadar dan jangan lupa diri bahwa PPP dan Demokrat punya sejarah. Bagaimana pun juga, Bupati Eka Setiawan merupakan bagian dari PPP dan Demokrat, “ ucapnya.
Bupati selalu beralasan sibuk, padahal kesibukan  itu tak selamanya, tentu ada ruang dan waktu untuk membicarakan soal calon wakil jika bupati itu mau mematuhi UU. Bupati hanya tinggal memilih calon yang diajukan partai pengusung, selanjutnya diusulkan ke DPRD.
“Kita masih terus melangkah, tapi belum ke mekanisme partai dikarenakan belum ada sinyal dari bupati. Sebab, bila sudah melangkah ke mekanisme partai, tapi jika calon itu ditolak bupati, mau bagamana?,” ujarnya.
PPP dan Demokrat inginnya ada pembicaraan dulu dengan bupati. Sejauhmana keinginannya  soal wakil itu. PPP banyak kader yang pantas jadi wakil bupati, tapi belum bisa menentukan nama  karena belum ada sinyal dari bupati  yang selalu beralasan can aya waktos. Padahal waktu semakin mepet hingga Desember.
“Tapi mudah-mudah kejadian seperti Bupati Ade Irawan tidak terulang terhadap bupati Eka Setiawan karena do’a yang terdzolimi itu akan diijabah. Bila ada sinyal bupati soal wakil itu maka PPP siap akan mengusulkan nama beberapa kader termasuk saya akan siap bila partai mengusulkan,” kata Sekjen PPP itu.
Diakui Sibuk
Bupati Sumedang Eka Setiawan saat ditanya koran ini, membantah jika dirinya disebut enggan bila ada wakil bupati. Bahkan Eka juga membantah jika dirinya tidak ada kordinasi dengan partai pengusung soal calon wakil bupati tersebut.
 “Saur saha teu aya koordinasi. Saya sudah beberapa kali pertemuan dengan PPP dan Demokrat.  Kedua partai itu sudah mengusulkan nama calon wakil bupati. Hanya saja waktu itu secara omongan biasa. Tapi kan nanti ada mekanismenya,” kata bupati di Gedung Negara, Jumat (12/8).
Saat ini masih menunggu hasil perkembangannya. Bahkan untuk wakil ini, akan mencoba kembali diskusikan dengan partai pengusung. “Memang sekarang ini saya sibuk sekali. Banyak tugas-tugas yang harus diselesaikan,” ujarnya.**[yf saefudin]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar