Tampilan Baru Desa Cimuja

Cimalaka, Korsum
Kini Desa Cimuja Kecamatan Cimalaka tampil dengan wajah baru. Dengan anggaran sebesar Rp 40 juta yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), Desa Cimuja mampu membangun loby untuk lebih memudahkan warganya yang membutuhkan pelayanan.
Sebagaimana dikatakan Kepala Desa Cimuja Euis Naryati, sebenarnya sudah lama ia merencanakan membangun ruang pelayanan ini. namun karena terkendala anggaran, maka baru sekarang bisa mewujudkannya.
“Meski belum sempurna dan lengkap, saya harapkan aparat desa dapat melayani masyarakat dengan maksimal dan masyarakat pun merasa nyaman karena mendapatkan pelayanan yang optimal,” ujarnya, Kamis (28/7) di ruangan kerjanya.
Bukan hanya itu saja, lanjut Euis, sebelumnya pada tahun 2014 desa Cimuja pun telah merehab kantor desa menjadi dua lantai dengan anggaran dari dana sarpras  bantuan provinsi sebesar seratus juta rupiah. Kemudian tahun 2015 mendapat lagi bantuan sarpras sebesar seratus juta rupiah yang diterapkan untuk melanjutkan membangun ruang kerja aparat dan merehab Aula Rapat.
Pembangunan lainnya yang sudah dilaksanakan, lanjutnya lagi, pembuatan TPT (tembok penahan tebing), saluran irigasi, dan penembokan jalan lingkungan.
Menurut Euis Naryati, mungkin Desa Cimuja ini satu-satunya desa yang tidak dapat dilalui kendaraan roda empat karena akses jalan menuju kantor desa sangat sempit hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja. Tapi sekarang nampaknya tidak lagi karena tak lama lagi mobil bakal bisa masuk sampai ke halaman kantor desa.
“Beberapa waktu lalu kami bersama warga bergotong royong melakukan pelebaran jalan sekitar 3 meter lebarnya. Anggarannya dari Dana Desa sebesar Rp 40 juta ditambah swadaya dari warga, ditambah hibah tanah dari warga. Tinggal sekitar 50 meter lagi sampai ke halaman desa,” katanya.
Kendalanya, lanjut Euis, pelebaran jalan lanjutan ini harus membebaskan lahan tanah milik warga membutuhkan dana yang besar sedangkan anggarannya belum ada. “Tapi kedepannya kami tetap akan berusaha mencari dana untuk mewujudkan rencana pelebaran jalan sampai ke halaman desa. Apalagi warga pun sudah setuju,” ungkapnya.
Sekretaris Desa Cimuja, Lukman Hakim yang turut mendampingi menambahkan, untuk melengkapi sarana pelayanan kepada masyarakat, tahun depan akan diajukan untuk sarana penunjang pelayanan, seperti tv, komputer, wifi dan propil pelayanan yang bisa tampilkan kepada masyarakat.

“Kita menginginkan pelayanan yang maksimal dan cepat agar masyarakat merasa nyaman saat membutuhkan pelayanan dari desa,” pungkas Lukman.**[Erni Susilawati|Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar