Tiap Bulan Dipotong Askes Veteran Tak Bisa Dipergunakan

Wado, Korsum
Salah seorang veteran asal Desa Sukajadi Kecamatan Wado, mempertanyakan mekanisme kepengurusan Askes yang dikelola oleh Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Sumedang, pasalnya Asuransi Kesehatan (Askes) sebagai veteran tidak bisa digunakan, padahal setiap bulannya uang pensiunan terus kena potongan, selain itu hingga saat ini kartu Askes yang dipegangnya sudah habis masa aktifnya.
Hal tersebut, dikatakan oleh Asnu, bahwa hingga saat ini Askes yang dipegangnya sudah habis masa aktifnya pada tahun 2012, akan tetapi hingga saat ini belum juga ada perubahan atau perpanjangan yang dilakukan oleh LVRI, padahal setiap bulan gajinya kena potongan untuk membayar Askes tersebut. Akibatnya dirinya tidak bisa berobat menggunakan Askes tersebut.
Ya karena Askes saya sudah habis masa aktifnya jadi tidak bisa dipakai, pernah sekali berobat tapi ditolak dengan alasan askes sudah habis, tutur Asnu, di kediamannya, Kamis (11/8).
Lebih lanjut Anu mengatakan, untuk mengurus atau mempertanyakan kepesertaan dirinya di Askes, dirinya mengaku sudah tidak bisa lagi bepergian jauh, karena kondisi badannya yang sudah tua da terus sakit-sakitan, sementara itu dirinya pernah mempertanyakan perihal askes tersebut ke ketua ranting Kecamatan Wado, tetapi hingga saat ini belum juga ada tindaklanjutnya.
Hal senada dikatakan oleh Kepala Desa Sukajadi, Dede Suhendar, bahwa dirinya sangat prihatin atas nasib yang menimpa warganya tersebut, apalagi dengan kondisi tua renta dan sakit-sakitan sedangkan Askesnya hingga saat ini sudah habis masa aktifnya.
Ya sebagai kepala desa saya sangat prihatin dengan keadaan pa asnu, sekarang saja sudah gx bisa bangun karena kondisi yang sakit dan tak bisa berobat karena Askesnya habis masa aktifnya, jelasnya, kepada Korsum, di ruang kerjanya, Kamis (11/8).
Dede berharap, agar LVRI memperhatikan para veteran yang berada di pedesaan seperti warganya tersebut, pasalnya yang namanya peteran keadaannya sudah tua jadi tidak bisa beraktivitas untuk mengurus Askes, sedangkan peran ketua ranting juga kurang efektif, pasalnya menurut pengakuan warganya tersebut pernah mengurus ke ketua ranting tapi hingga saat ini belum ada tindaklanjutnya.
Dikonfirmasi Akan Hal tersebut, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kabupaten Sumedang, Andrika Wendi, mengatakan, kepesertaan Askes atasnama Asnu hingga saat ini masih aktif dan bisa dipergunakan untuk berobat, kemudian mengenai kartu Askesnya yang lama bisa ditukarkan dengan yang baru.Memang kalau dulu kartu askes ada masa aktifnya, tapi sekarang sudah tidak lagi, dan kepesertaan pa Asnu masih aktif ko, dan bisa dipergunakan untuk berobat, kemudian kalau bisa itu kartu yang lama ditukarkan ke Kantor BPJS, jawabnya singkat, ketika dikonfirmasi Korsum melalui sambungan teleponnya, Jumat (12/8).

Sementara itu ketika akan dikonfirmasi Korsum mengenai permasalahan tersebut, Kantor  DPC LVRI sumedang, Jumat (12/8), nampak sepi tidak ada satupun staf atau pegawai yang bekerja.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar