4 Lokal Bangunan SD Jatibungur di Pangangonan Mubazir

Wado, Korsum
Akibat mendahului bedol Desa Jatibungur Kecamatan Darmaraja yang tidak jadi pindah ke lokasi baru yaitu pangangonan yang berada di Desa Cisurat Kecamatan Wado, 4 lokal Bangunan SD yang baru di Pangaroan yang diperuntukan bagi siswa OTD Desa Jatibungur kini mubazir alias tidak digunakan.
Hal itu, dikatakan salah seorang guru SD tersebut, yang namanya minta tidak dikorankan, Selasa (6/9), di lingkungan UPTD Darmaraja. “Bari teu eling ngabangunna, warga OTD belum pindah bangunan SD sudah dibangun, jadi mubazir,” katanya.
Pantauan Korsum di lokasi SD Jatibungur yang baru, ternyata letak bangunan SD tersebut berada di puncak Dusun Cisoka, sementara anak-anak dari Dusun Cisoka sendiri, memilih sekolahnya ke SD Cisurat yang sama merupakan bangunan baru 4 lokal bantuan dari provinsi yang berjarak tidak jauh dari Cisoka.
Menurut tukang warung yang berjualan dipinggir jalan yang menuju ke bangunan SD Jatibungur itu menginformasikan bahwa guru-gurunya suka ngantor. Pantauan Korsum mendapatkan, di sebuah ruangan yang ada kursi tamu terlihat tanda tanda bekas kedatangan orang.
Sayang ketika akan dikonfirmasi ke Kepala UPTD Darmaraja sedang mengikuti kegiatan di Kecamatan Paseh. Menurut salah seorang pengawas yang sedang berada di UPTD, Sukandar Sumatupang, mengakui bahwa SD Jatibungur itu memang bangunannya ada, gurunya ada, tapi siswanya tidak ada.
Sementara, menurut Uca, Kaur Umum Desa Cisurat di ruang balai desa Cisurat, Selasa (6/9), bahwa tanah carik yang merupakan pangangonan adanya di Desa Cisurat, tetapi milik Desa Jatibungur ketika tanah tersebut sedang di buldozer air bendungan Jatigede terlanjur cepat menggenang rumah warga Desa Jatibungur, sehingga mereka mancawura (menyebar) tidak jadi pindah ke tanah pangangonan tersebut, sedangkan bangunan SD sudah dibangun lebih dulu.
Dikonfirmasi Korsum, di ruang kerjanya, Kamis (8/9),  Kabid Pendidikan Dasar pada Disdikbud Sumedang, Unep Hidayat, bahwa membangun SD Jatibungur atas permintaan warga OTD yang waktu itu akan bedol desa, karena semua rumah dan bangunan SD Jatibungur akan terendam air waduk Jatigede. Sehingga rencananya semua warga OTD akan pindah ke Pangangonan yang terletak di Desa Cisurat.
“Namun, tahun depan diupayakan agar menerima siwa baru dan pengelolaannya diserahkan ke UPTD Kecamatan Wado karena lokasinya berada di Desa Cisurat Kecamatan Wado,” pungkasnya.**[Suherly]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar