Kepala UPTD Pengujian Bermotor pada Dishubkominfo Disebut Belum Kantongi Kompetensi Penguji Kendaraan Bermotor

Kota, Korsum
Mutasi dan rotasi beberapa pejabat eselon III dan IV beberapa waktu lalu, masih menjadi perbincangan dan sorotan masyarakat Sumedang, terlebih dikalangan intern pejabat Kabupaten Sumedang. Salah satunya, yakni mantan Lurah Situ Kecamatan Sumedang Utara Rusyana yang kini menjabat sebagai kepala UPTD Pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sumedang. Pasalnya, diduga Rusyana belum mengantongi SK Dirjen Perhubungan Darat tentang kompetensi penguji kendaraan bermotor.
Hal tersebut, seperti dikatakan sumber dari internal pejabat Sumedang, Kamis (15/9), di tempat aktifitasnya. Menurutnya, idealnya jabatan kepala UPTD tersebut dijabat oleh orang yang telah teruji, setidaknya pejabat tersebut telah memliki sertifikat kompetensi penguji kendaraan bermotor dari Dirjen Perhubungan Darat. Tapi,  pada kenyataanya diduga Kepala UPTD Rusyana yang sekarang menjabat belum memiliki itu.
Dikatakannya, meskipun beberapa staf-stafnya sudah ada yang mengantongi surat keputusan Kompetensi, sertifikat kompetensi dan tanda kualifikasi teknis penguji kendaraan bermotor, tapi idealnya seorang kepala UPTD-nya juga sama harus memliki sertifikat tersebut.
“Jika staf-stafnya saja sudah jenjang jabatan dan pangkat penguji kendaraan yang terdiri dari penguji kendaraan bermotor pelaksana pemula, penguji kendaraan pelaksana, penguji bermotor pelaksana lanjutan dan penguji kendaran bermotor penyelia, lantas masa Kepala UPTD-nya tidak memiliki sertifikat jenjang penguji satupun,” jelasnya.
Dimintai tanggapannya mengenai hal tersebut, Zulkipli M Ridwan, anggota Komisi A DPRD Sumedang, mengatakan perlu dievaluasi kembali jika syarat- syarat pelum terpenuhi.
“Nanti pada SOTK baru harus dievaluasi, diklarifikasi dan ditindaklanjuti kembali yang pada intinya sipapun yang mendapat amanah pekerjaan atau jabatan baru tertentu, harus sesuai dengan keahliannya,” katanya, melalui telepon selulernya, Jumat (16/9).
Ketika hendak dikonfirmasi, Kamis (15/9), Kepala UPTD pengujian kendaraan bermotor, Rusyana, sedang tidak ada ditempat kerjanya, menurut keterangan dari seorang stafnya, Kepala UPTD belum mulai ngantor dan kemungkinan akan mulai masuk kantor ketika nanti ada acara pisah sambut**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar