Penanganan Bencana Longsor, Awel : "Pemda Jangan Banyak Raker"

Sumedang Selatan, Korsum
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Agus Welyanto menyebutkan, untuk menangani bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Sumedang, harus dilakukan secara real action. "Jangan banyak raker (rapat kerja). Tindakan nyata yang dibutuhkan sekarang mah," tegasnya, Kamis (22/9) di lokasi longsor Ciherang.
Agus yang akrab dipanggil Awel juga menyebutkan, para pejabat dan para petinggi lainnya jangan hanya cari perhatian dan pencitraan saja. Datang cuma foto-foto di lokasi trus tanya-tanya ke warga hanya sekedar menunjukan bela sungkawa. "Kami memang perlu kepedulian. Tapi yang kami butuhkan sekarang adalah kepedulian yang nyata, riil. Jangan cuma foto-foto dan tanya-tanya terus ngucapin turut berduka atas musibah ini," ujarnya.
Warga yang jadi korban, tutur Agus, saat ini korban sangat membutuhkan bantuan makanan, pakaian, finansial, dan pengobatan. Banyak yang mengalami traumatik akibat kejadian ini. Perlu penanganan khusu dan serius untuk menyembuhkan trauma ini. Agus juga meminta pemerintah mendatangkan ahli geologi untuk memeriksa kondisi tanah di sekitar lokasi longsor. "Apakah di lokasi ini masih bisa ditinggali atau tidak? Kalau tidak, warga minta direlokasi ke tempat yang layak. Warga butuh kepastian," tandasnya.
Ditempat sama Wakil Ketua DPRD Sumedang, Listio, meminta pemda mengerahkan 2 unit alat berat bekhoe untuk membersihkan tanah bekas longsoran. "Harus segera dibersihkan karena dikhawatirkan kalau turun lagi hujan, akan terjadi longsor kembali dan menimbulkan bencana yang lebih besar lagi," katanya.
Sementara Sekda Zaenal Alimin mengatakan, pemda Sumedang sudah meminta BMKG untuk melakukan survei di lokasi-lokasi longsor kemarin. Nantinya hasil survei itu akan dijadikan bahan pertimbangan pemerintah untuk melakukan tindakan selanjutnya. "Kalau masih bisa ditempati kita akan bantu warga membangun kembali rumahnya.
Tetapi kalau tidak, kita akan relokasi mereka," katanya di GOR tadjimalela. Hanya saja, lanjut Sekda, biasanya warga sangat sulit jika akan direlokasi. "Tapi kami akan lakukan pendekatan dan memberikan pengertian kepada mereka agar mau pindah ke tempat yang lebih aman," pungkasnya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar