Potensi Wisata Desa Margalaksa Tawararkan Budaya dan Keraifan Lokal

Sumsel, Korsum
Potensi objek wisata yang ada di Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan diupayakan akan terus  digagas dan dikembangkan dengan menawarkan budaya dan kearifan lokal. Hal tersebut, dikatakan Kepala Desa Margalaksana, Andre Y Muchtar, Kamis (8/9), di tempat aktifitasnya.
Namun, kata kades, untuk menunjang potensi pariwisata yang ada di desanya akses infrastuktur jalan untuk menunjang objek wisata perlu adanya perbaikan.
“Saya berharap, pemerintah bisa membantu akses jalan milik kabupaten untuk membuka lahan menuju objek wisata tersebut, sedangkan alokasi dana desa nantinya sebagian akan digunakan untuk penataan lingkungannya,” katanya.
Ditambahkan kades, Desa Margalaksana akan menggagas pariwisata berbasis budaya dan kearifan lokal. Pasalnya, daya tarik lokalitas ini menjadi penting  ditengah kebosanan terhadap budaya globalisasi, dan hal itu menjadi alasan bagi kebangkitan kembali indentitas budaya lokal di Margalaksana. Semakin homogen gaya kehidupan masyarakat akibat globalisasi, semakin kokoh ketergantungan masyarakat kepada nilai-nilai yang lebih dalam seperti perspektif lokal,” jelasnya.
Lebih jauh kades mengatakan, unsur budaya dan kearifan lokal sebagi daya tarik wisata di desanya. disini potensi dan kearifan lokal dalam bidang pariwisata masih tinggi, bahkan menjadi kecenderungan potensi wisata dimasa depan. Oleh karena itu, perlu digagas pola pengembangan wisata yang berbasis budaya dan kearifan lokal sebagi daya tarik wisata,” jelasnya.
Menurut kades, penyedian sarana transportasi nantinya, penginapan dan infrastuktur yang lain jangan sampai merusak ekosistem alam dan manusia yang hidup didalamnya.**[Fathul Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar