Status Opik Ditentukan Setelah Pelantikan Ketua DPD Partai Golkar

Kota, Korsum
Meski Taufiq Gunawansyah sudah menyerahkan surat pengunduran diri dari keanggotaan DPRD Sumedang sejak pertengahan Agustus lalu, namun Penggantian Antar Waktu (PAW) belum bisa dilakukan sekarang-sekarang ini. Pasalnya, DPRD Sumedang baru mengirimkan surat pemberitahuan pengunduran diri Opik, sapaan akrab Taufiq Gunawansyah, kepada Partai Golkar pada Jumat (16/9) kemarin.
Sementara Partai Golkar sendiri, kata Yogie Yaman Santosa, belum bisa memproses pengusulan pengganti Opik kepada KPU Sumedang. Hal ini dikarenakan Ketua DPD Partai Gulkar terpilih dalam Musda Golkar beberapa waktu lalu belum dilantik secara definitif.
“Jadi secara administrasi, sampai sekarang Pa Opik tetap masih tercatat sebagai anggota DPRD dan masih memperoleh hak-haknya selaku anggota dewan dari Fraksi Golkar,” ujar anggota fraksi Golkar ini, Kamis (15/9) di Gedung DPRD.
Hal sama dikatakan Ketua KPU Sumedang, Asep Kurnia, sebelum ada surat pemberhentian resmi dari pimpinan DPRD, maka Taufiq Gunawansyah secara hukum masih sah sebagai anggota DPRD.
Terkait PAW, lanjut Asep, saat ini KPU belum bisa bicara apa-apa karena pihaknya menilai mundurnya Opik masih belum jelas. Menurutnya, untuk Penggantian Antar Waktu harus ada yang diberhentikan dahulu, baru KPU menentukan siapa penggantinya akan mempersiapkan pelaksanaan PAW.
Untuk pengantinya, yaitu calon legislatif yang meraih suara terbanyak berikutnya dari jumlah anggota legislative dari Dapilnya. “Karena pa Opik berasal dari Dapil 6 dan hanya 2 orang yang lolos menjadi anggota legislatif, maka peraih suara ketiga terbanyak sesuai dengan data yang ada di KPU adalah H. Deden Rusyanto,” ujarnya, Jumat (16/9) di Kantornya.
Proses PAW pa Opik ini, lanjutnya, masih cukup lama. Selain harus menunggu pelantikan Ketua DPD Partai Golkar terpilih, juga usulan PAW dan nama penggantinya harus diajukan terlebih dahulu kepada Gubernur Jawa Barat. Dan nanti, Gubernur juga yang akan melantiknya.**[hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar