Tanggap Darurat Bencana, MDMC Sumedang Bekerjasama Dengan Kodim 0610 Sumedang Buka Posko Peduli Bencana Sumedang

Sumedang, Korsum
Posko Penanggulangan Bencana Banjir dan Longsor Kabupaten Sumedang kini dipecah menjadi dua Posko, Posko utama berada di GOR Tadjimalela dan Pos Kedua berada Makodim 0610 Sumedang. Dan untuk Manajemen sementara waktu di BKO kan di bawah MDMC Sumedang.
Sedangkan Pengungsi yang ditampung di posko kodim 0610 sebanyak 104 KK, 357 jiwa yang terdiri dari 200 orang laki-laki, dan 188 orang perempuan. Sedangkan jumlah anak sekolah TK sebanyak 26 anak, SD 46 anak, SMP 18, dan siswa SMA 16 siswa.
Sementara bayi yang ada di posko tersebut terhitung 6 bayi, batita 20 dan balita 20,  sedangkan orang tua lanjut usia tercatat sebanyak 26 orang, namun data tersebut masih berubah karena masih ada pengungsi yang terus berdatangan ke posko tersebut.
Fitriyanto koordinator MDMC Sumedang melalui Korlapnya, Chairil Anam kepada Korsum Sabtu (24/9) mengatakan , "Sejak tanggal 20 September 2016, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Sumedang melalui Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau yang biasa dikenal Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang dibantu dari PP, DPW Jabar dan Indramayu, membuka posko Peduli Bencana Banjir dan Longsor di Jalan Prabu Gajah Agung No. 15 Sumedang. Dan kini kita dipercaya untuk memanajemen Bawah Koordinasi Operasi (BKO) di Posko ini bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sumedang serta berbagai pihak diantaranya Kodim 0610, tagana, PMI, dinkes dan para poluntir kesehatan lainnya, membuka posko ini untuk membantu para korban bencana, dan alhamdulillah berbagai bantuan sudah mulai berdatangan diantaranya dari IDGI, Partai Perindo, Perorangan dan para penyumbang lainnya.” Katanya.
Masih menurut Anam, “MDMC sendiri adalah Muhammadiyah Disaster Management Center, merupakan Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah. Secara lembaga MDMC adalah LPB itu sendiri, namun untuk operasi-operasi nasional, nama MDMC lebih sering dipakai. MDMC dibentuk oleh Muhammadiyah disemua level tingkatan”. Pungkasnya. ***(macko)
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar