Penggantian Jalan Tol Cisumdawu di Desa Jatihurip Direkeningkan

Kota, Korsum
Dua hari berturut-turut, Kamis dan Jum’at (20-21/10) balai Desa Jatihurip disibukan oleh 569 warga yang menguruskan penggantian tanah, bangunan dan tanaman yang terkena pembangunan jalan tol Cisumdawu.
Musyawarah gantirugi yang dilaksanakan pada Kamis (20/10), bertempat di aula Desa Jatihurip, dihadiri perwakilan dari PPK, Appraisal, Kejaksaan, Kecamatan, Koramil dan Kapolsek serta Ketua BPD Desa Jatihurip. Kepala Desa Jatihurip Deden Wahidin pada hari itu tidak ikut, karena sedang sakit dan sedang mendapatkan perawatan yang serius di rumah sakit Sumedang. Musyawarah dipimpin langsung oleh camat Kecamatan Sumedang Utara Dikdik Syeh Rizki dan berjalan lancar.
Menurut Kaur Perencanaan Desa Jatihurip Harja Somantri di ruang balai Desa Jatihurip, Jumat (21/10) hanya seorang warga yang minta diklarifikasi masalah bangunan dan beberapa orang warga yang menanyakan perbedaan harga antara pinggir jalan dan dibagian dalam setelah mendapat penjelasan semua paham dan semua warga menerima besar uang yang akan diterimanya.
Menurut Bambang Subagiyo dari PPK Cisumdawu 1,  bahwa pihaknya akan membagikan amplop ke warga penerima penggantian dimana dari amplop tersebut akan muncul tiga komponen yang akan mendapat penggantian yaitu tanah, bangunan dan tanaman dengan besar nilai uangnya berdasar penilaian tim appraisal.
“Penerima ganti rugi diberi dua pilihan setuju dan tidak setuju yang setuju langsung menandatangani berita acara dan membuat rekening dan tinggal menunggu pencairan tahap satu, dua atau tiga minggu. Sedangkan warga yang tidak setuju sama menandatangani berita acara dan melanjutkan proses ke pengadilan,” terangnya.
Salah seorang warga, Cecen ketika diminta pendapatnya sesaat setelah selesai membuat rekening mengatakan warga antusias menerima besarnya penggantian, karena ini bukan penggantian rugi tapi penggantian untung.
Besarnya penggantian menurut beberapa orang pegawai desa bervariatif mulai dari Rp 37 juta sampai Rp 9,1 milyar dengan meminta merahasiahkan nama penerima penggantian tersebut.
Sementara Solihin Kepala UNIT BRI Cimalaka, ketika dikonfirmasi dibalai desa Jumat (21/10), sehubungan keterlibatan langsung BRI dalam pelaksanaan penggantian tersebut, bahwa untuk mempermudah pelayanan, maka Kepala Cabang BRI Sumedang menugaskan lima UNIT BRI yaitu BRI Cimalaka, BRI Situ, BRI Regol, BRI Kotakaler dan BRI Ciuyah melayani langsung dibalai desa Jatihurip.**[Suherly]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar