Tiga Bulan Lebih Traffick Light Dibiarkan Mati

Kota, Korsum
Sudah lebih dari tiga bulan trafficklight atau lampu setopan di perempatan rumah sakit umum Sumedang tidak berfungsi alias mati. Namun sampai sekarang belum ada upaya perbaikan dari Dinas Perhubungan sehingga cukup mengganggu kelancaran lalulintas.
“Gara-gara lampu setopan mati lalulintas diperempatan ini jadi semrawut. Bahkan tak jarang terjadi pertengkaran antara pengemudi, yang paling sering adu mulut antara pengendara sepeda motor dengan supir angkutan kota” kata Dadang, salah seorang pedagang di seputar perempatan rsu, Selasa (11/10).
Maman, salah seorang pengemudi becak yang biasa mangkal di perempatan tersebut menambahkan, seingatnya sudah lebih dari tiga bulan lampu ini mati. Sehingga pada jam-jam sibuk terutama siang hari dan sore, lalu lintas tampak kacau. “Beberapa waktu lalu memang ada petugas Dishub yang memeriksa lampu setopan tersebut. Tapi sampai sekarang gak nyala juga,” imbuhnya.
Ditemui di ruang kerjanya, Kabid Jaringan Fasilitas Lalulintas (Jarfaslin) pada Dishukominfo, Budi Rahman mengakui, pihaknya sudah beberapa kali menerima laporan soal matinya trafficklight di perempatan rsu dan di beberapa tempat lainnya. Dan bahkan bukan hanya lampu setopan saja, tapi rambu-rambu lalulintas lainnya pun banyak laporan masuk.
Budi menyebutkan, tidak berfungsinya lampu tersebut karena ada komponennya yang rusak. “Hanya saja ketersediaan komponen yang rusaknya ini sangat terbatas di took-toko elektronik. Akhirnya kita pesan langsung ke distributornya, tapi sampai hari ini belum dikirim juga,” ujarnya.
Bidang Jarfaslin, kata Budi, sudah mendata dan menginventarisir sarana dan fasilitas lalulintas apa saja yang rusak atau kurang sehingga pihaknya bisa menganggarkan untuk perbaikan fasilitas-fasilitas yang rusak dan kurang tadi. “Selain itu, saat ini Dishub kekurangan watergrid untuk pembatas jalan. Selama ini untuk pembatas jalan sering menggunakan ember yang diisi adukan semen,” katanya.
Namun begitu, Budi meminta maaf kepada masyarakat terutama para pengendara atas ketidaknyamanan berlalulintas akibat beberapa fasilitas lalulintas yang tidak berfungsi dengan baik.**[Hendra] 
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar