Masuki Tahun Ke 4 RPJMD, Baru 70 Persen Jalan Mulus

Kota, Korsum
Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ditargetkan pada 2018 semua jalan kabupaten sepanjang 769 km harus mulus. Namun setelah memasuki tahun ke empat periode Senyum Manis, baru sekitar 70 persen jalan dengan berbagai jenis kerusakan yang sudah diperbaiki.
Kepala Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air, Sujatmoko mengatakan, saat ini masih 30 persen atau sekitar 230 kilometer dari panjang jalan kabupaten yang belum diperbaiki dengan variasi kerusakan sehingga perbaikannya pun bervariasi, apakah dihotmix atau riggid beton.
“Anggaran yang dibutuhkan pun sangat besar. Untuk biaya hotmik jalan itu rata-rata Rp 1 miliar per kilometernya, sehingga dibutuhkan sekitar Rp 230 miliaran lagi untuk perbaikan jalan tersebut. Apalagi jumlah kerusakan bisa bertambah karena jalan yang sudah diperbaiki juga banyak yang rusak lagi,” katanya, Jumat (16/12), di kantornya.
Menurutnya, kebutuhan anggaran yang cukup besar itu sudah disampaikan ke Bupati dan DPRD Sumedang untuk membidik RPJMD agar pada 2018 semua jalan kabupaten sudah mulus. “Kalau melihat kondisi keuangan daerah seperti saat ini, berat sekali target RPJMD, khususnya di bidang infrastruktur jalan bisa tercapai,” katanya.
Kepala Bappeda melalui Sekretaris, H. Agus Wahidin membenarkan, kalau ingin mulus jalan memang biayanya besar, maksudna breng bareng diomean, minimal sepersekian jalan yang pokok. Tapi persoalannya kan uangnya tidak ada. “Tahun ini kosentrasi yang paling pokok atau prioritas untuk diperbaiki di tahun 2017 ada 6 ruas jalan sebagaimana dalam pembahasan APBD lalu,” katanya, Jumat (16/12), di kantornya.
Keenam ruas jalan itu, kata Agus, ruas jalan Kutamaya–Padasuka, ruas jalan Cimalaka–Cipadung, ruas jalan Cipadung–Cisempak, ruas jalan Legok–Conggeang, ruas jalan Warung Ketan–Cicau, dan Jalan Cibeusi.
Namun begitu, jalan yang lainnya pun banyak yang dilakukan perbaikan-perbaikan, termasuk dari dana-dana aspirasi masyarakat, hasil reses dewan, ataupun safari Jumat. “Dan Pemda bersama DPRD juga sudah setuju dan sangat mendukung perbaikan prioritas keenam ruas jalan itu. Kalau itu bisa terlaksana di tahun 2017, itu sudah luar biasa,” jelas Agus.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar