Tanpa Bantuan Anggaran Pemda, Tim U-15 Askab PSSI Sumedang Ikuti Kejurda

Kota, Korsum
Tanpa bantuan anggaran dari pemrintah daerah, Tim sepak bola U-15 Askab PSSI Kabupaten Sumedang akan mengikuti Kejurda (kejuaraan Daerah) usia 15 tahun Piala Pangdam III Siliwangi antar Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Kabupaten Kuningan. Tim U-15 Askab PSSI Kabupaten Sumedang bergabung di Grup C bersama dengan Kabupaten Subang, Kuningan dan Bandung Barat, akan bermain di babak penyisihan mulai dari Kamis, Jumat dan Minggu.
Hanya untuk sekedar jaket pun, para orang tua pemain harus mengeluarkan uang sendiri. “Kami juga harus merogoh kocek lagi untuk membekali anak-anak kami selama mereka bertanding di sana,” ujar salah seorang orang tua saat mengantar anaknya yang tergabung di tim U-15.
Sebelum pemberangkatan para pemain yang terdiri dari 25 orang termasuk 4 orang pelatih, secara resmi dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang. H. Zaenal Alimin di Pendopo IPP Kabupaten Sumedang, Rabu, (14/12).
“Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling diminati masyarakat dan sudah sangat membudaya. Karena itu kami dari pemerintah daerah sangat mendukung tim U-15 yang mewakili Kabupaten Sumedang untuk bertanding di kejuaraan daerah yang diadakan oleh Pangdam III Siliwangi,” ujarnya.
Sekda Zaenal Alimin memberikan semangat dan motivasi kepada tim U-15 Askab PSSI Kabupaten Sumedang. Zaenal berharap para pemain tim U-15 perwakilan dari Kabupaten Sumedang dapat meraih hasil yang maksimal, terutama para pemain bisa bermain fairplay.
“Sangat wajar dan sudah seharusnya pemerintah memberikan dukungan sepenuhnya kepada cabang olahraga salah satunya sepak bola, dimana suksesnya tim sepak bola adalah karena banyaknya dukungan, baik dari pemerintah itu sendiri maupun dari pada pengusaha,” sebutnya.
Namun begitu, Sekda mengakui sampai saat ini pemerintah dalam hal ini Dinas Parpora belum melakukan pembinaan secara khusus, tetapi hanya melakukan pembinaan-pembinaan olahraga yang bersifat umum.
“Tim U-15 ini bagian dari binaan PSSI Askab Sumedang yang sampai hari ini merupakan organisasi yang sifatnya mandiri. Tetapi kedepannya pemerintah akan lebih meningkatkan perhatiannya,” kata Sekda.
Sementara itu, Ketua Askab PSSI Kabupaten Sumedang Deden Doni didampingi Sekertaris Umum Andrean Santana mengatakan, di kejuaraan daerah yang diselenggarakan oleh Pangdam III Siliwangi, Tim U-15 diharapkan bisa membawa nama baik Kabupaten Sumedang.
“Target kita memang menjadi juara dikejurda ini, meski sudah hampir 5 tahun Sumedang tidak menjadi juara. Tapi setidaknya di tahun 2011 lalu Sumedang berhasil meraih kemenangan,” katanya.
Ketika ditanyai soal anggaran untuk kegiatan (kejurda) atau turnamen yang memperebutkan piala Pangdam III Siliwangi ini, Andre menyebutkan, KONI Kabupaten Sumedang telah memberikan dukungannya salah satunya anggaran untuk kegiatan di Askab PSSI Kabupaten Sumedang.
“Anggaran untuk Cabang Olahraga Sepak Bola tahun 2016 sangat minim. Padahal kebutuhan untuk kegiatan sepak bola ini begitu tinggi, sehingga diharapkan untuk di tahun 2017 adanya perubahan anggaran karena Kabupaten Sumedang akan mengikuti agenda besar seperti babak kualifikasi Porda,” katanya.
Untuk lolos ke Porda, kata Andre tim U-15 ini harus bisa menyiapkan anggaran sebesar Rp 500-750 juta. “Babak kualifikasi akan dilaksanakan pada Bulan Agustus 2017. Sehingga doa ataupun dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan,” sebutnya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar