Warga Huntara Gelar Produk Makanan Olahan dan Asesoris

Ujungjaya, Korsum
Setelah mendapat pelatihan ekonomi dan kewirausahaan melalui pendampingan ekonomi yang dilakukan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Lembaga Penanggulangan Bencana Munammadiyah Kabupaten Sumedang, warga korban bencana di pemukiman hunian sementara (huntara) Desa Sajurjaya Kecamatan Ujungjaya, sudah mampu dan berani menampilkan produk-produk hasil olahan mereka sendiri.
Produk-produk olahan makanan seperti rengginang, opak, kicimpring, cireng, kripik pisang, dan kripik singkong serta produk asesoris ditampilkan dalam acara Gelar Produk bertempat di kantor UPK Ujungjaya, Selasa (29/11) lalu.
Menurut Ketua MDMC Sumedang, Alfitriyanto melalui sekretarisnya Maman Koswara, gelar produk ini merupakan salah satu tahapan pelatihan ekonomi setelah mereka belajar mengolah makanan dan keterampilan membuat asesoris. “Tujuannya agar usaha yang mereka lakukan dapat dikenal masyarakat sehingga mereka percaya diri dan mampu meningkatkan taraf hidup mereka melalui usaha ekonomi mandiri,” jelasnya.
Koordinator kelompok ekonomi warga huntara, Eni mengatakan, ia bersama warga lainnya merasa senang mendapat pelatihan-pelatihan ekonomi seperti ini. Sebelumnya tak pernah terpikirkan bisa menghasilkan makanan olahan seperti ini, tapi sekarang ia bahkan bisa menghasilkan uang dari hasil olahannya sendiri.
“Setelah mendapat pengarahan dan pendampingan dari MDMC, sekarang kami tidak lagi merasa diasingkan di huntara ini. Karena kami disini diberikan ilmu pengetahuan yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup kami, kami sangat berterima kasih kepada MDMC yang telah mendampingi kami baik di pengugsian dan huntara ini.” ujarnya.
Sementara Bupati H. Eka Setiawan yang mengunjungi Gelar Produk Warga Huntara mengatakan, sangat mengapresiasi usaha yang ditunjukan oleh warga huntara ini. bahkan Bupati merasa bangga karena mereka telah berhasil mengatasi trauma pasca bencana yang menimpa mereka beberapa waktu lalu. 
“Mengenai kemasan produk, akan saya perintahkan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan untuk mengurusnya. Bantuan-bantuan lainnya seperti masalah perizinan akan turut diusahakan. Tolong Kades serta camatnya juga turut membantu,” ujar Bupati.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar