DPC PDIP Kembali Tegaskan Belum Usung Satupun Calon untuk Pilkada 2018

Kota, Korsum
Menjelang Pilkada 2018 mendatang, DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sumedang, menegaskan belum memiliki calon bupati/wakil bupati yang akan diusung di ajang lima tahuan tersebut. Munculnya nama-nama dari internal partai yang santer dikabarkan akan diusung partai pemenang Pileg 2014 lalu ini, sejauh ini masih sebatas rumor.
Sebelumnya, nama Ketua DPRD Sumedang sekaligus Ketua DPC PDIP Sumedang, Irwansyah Putra, Sekretaris DPC PDI P Sumedang Yadi Mulyadi, yang saat ini sudah ramai diperbincangkan di tengah masyarakat Sumedang. Selain dua nama tersebut, tokoh sekaligus kader senior PDI Perjuangan Sumedang yang kini anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Agus Welianto Santoso juga mulai mengikrarkan dirinya untuk kembali maju sebagai calon bupati Sumedang pada Pilkada 2018 mendatang.
Dikonfirmasi Korsum, Sekretaris DPC PDIP Sumedang, Yadi Mulyadi, menegaskan, hingga saat ini PDIP Sumedang belum mengusung satu nama calon pun untuk maju pada Pilkada 2018 mendatang. “Perlu ditegaskan kembali, bahwa saat ini PDIP Sumedang belum punya satu calon pun yang akan diusung partai menghadapi kontestasi Pilkada 2018 mendatang. Sementara sejumlah nama dari internal partai yang santer dikabarkan akan maju pada Pilkada 2018 itu sifatnya masih sebatas wacana atau rumor,” tegasnya, di kediamannya, Selasa (14/3).
Akan tetapi, lanjut Yadi, dengan adanya sejumlah nama dari internal partai yang mulai mendeklarasikan diri dan gencar melakukan sosialisasi itu, merupakan hak tiap kader partai. “Untuk saat ini, siapapun kader partai yang menyatakan diri akan maju sebagai calon dari PDIP pada Pilkada Sumedang 2018 itu sah-sah saja, karena tiap kader memiliki hak dan kewajiban yang sama dimata partai, tanpa memandang kedudukan kader itu di partai kami, dan jika ada figur dari non partai ataupun partai lain yang mendeklarasikan diri maju sebagai calon dari PDIP untuk saat ini itu tidak menjadi persoalan bagi kami,” ujarnya.
Yadi mengatakan, dengan banyaknya figur, baik itu dari internal partai ataupun non kader partai, menunjukkan dinamika demokrasi di tubuh PDIP Sumedang sangat dinamis dan terbuka. “Jadi, jika ada kader partai yang mengklaim calon tunggal yang akan diusung maju oleh partai kami itu sangat tidak benar. Karena tentunya hal ini bertentangan dengan mekanisme partai, karena tentunya ada beberapa ketentuan atau mekanisme yang harus ditempuh terlebih dahulu, Jajaran PDI Perjuangan Sumedang, akan merapatkan barisan manakala calon yang akan diusung nanti sudah menempuh seluruh mekanisme partai dan sudah menerima keputusan resmi dari DPP PDI Perjuangan sebagai calon resmi yang akan diusung,” tuturnya.
Nantinya, seluruh calon yang akan maju dan ingin diusung oleh PDI Perjuangan Sumedang wajib mendaftar sebagai calon pada penjaringan yang akan dibuka mulai bulan Mei 2017 mendatang. “Pendaftaran di bulan Mei 2017 mendatang kami tegaskan, kami partai terbuka. Siapa pun itu figurnya, baik dari internal partai ataupun dari tokoh seperti yang saat ini santer dikabarkan akan maju mulai dari Sekda Sumedang Zaenal Alimin, Ketua KPU Sumedang Asep Kurnia, hingga Kompol Setya Widodo polisi aktif yang bertugas di Polres Sumedang kami persilahkan untuk mendaftar,” pungkasnya. **[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar