Musrenbangkab Sumedang Tahun 2017 Akselerasi Pemerataan Pembangunan Melalui Optimalisasi Pengembangan Potensi Wilayah

Kota, Korsum
Penyelenggaraan musrenbang tingkat kabupaten merupakan proses pengambilan keputusan dalam penentuan kebijakan perencanaan  pembangunan daerah Kabupaten Sumedang untuk penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2018, dengan merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025, terutama terkait dengan fokus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2018 yang merupakan tahap III dari RPJPD 2005-2025.
Sekretaris Bappppeda, Hj Tuti Ruswati mengatakan, Musrenbang dengan tema Akselerasi Pemerataan Pembangunan Melalui Optimalisasi Pengembangan Potensi Wilayah tersebut bertujuan menyeleraskan prioritas dan sasaran pembangunan kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan provinsi. Kemudian mengklarifkasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat dalam musrenbang desa/kelurahan, musrenbang kecamatan dan forum SKPD. Membahas dan menyepakati hasil-hasil musrenbang dari tingkat kecamatan dan SKPD serta merumuskan prioritas kegiatan yang akan didanai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.
Kinerja Daerah yang ditargetkan pada RKPD Kabupaten Sumedang Tahun 2018 memerlukan penganggaran yang optimum. Estimasi anggaran pada tahun 2018 dikelompokan pada Pagu Indikatif Sektoral SKPD (Rp. 104.336.085.310,98), Pagu Indikatif Sektoral SKPD Kecamatan (Rp 22.044.435.000) dan Pagu Indikatif Kewilayahan (Rp 27.500.000.000). sehingga total estimasi Pagu Anggaran untuk RKPD Tahun 2018 sebesar Rp 153.880.520.310,98.
Kesimpulan musrenbang kali ini, lanjut Tuti, adanya sinergitas prioritas pembangunan dan isu strategis tahun 2018 antara Nasional dan Provinsi Jawa Barat dengan Kabupaten Sumedang. Dimana rencana pengembangan wilayah Jawa tahun 2018, Kabupaten Sumedang merupakan bagian dari kawasan strategis prioritas RPJMN 2015-2019, yakni lokasi Pembangunan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan Phase II Dan III.
Adapun rencana pengembangan wilayah Jawa tahun 2018, khususnya Kabupaten Sumedang, yaitu distribusi peran wilayah untuk mencapai pertumbuhan 6,4-7,0 persen (RPJMD) Provinsi Jawa Barat sekaligus pengurangan kesenjangan antar wilayah pada tahun 2018. Untuk Kabupaten Sumedang target sasaran Laju Pertumbuhan Ekonomi 5,69, target Tingkat Pengangguran Terbuka 5,80, dan Target Tingkat Kemiskinan 6,00.
Bupati H. Eka Setiawan mengatakan, perencanaan pembangunan kabupaten harus menjadi pedoman bagi perencanaan di SKPD maupun pembangunan desa yang akan mendapatkan dukungan keuangan dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten.
“Keberhasilan pembangunan, kata Bupati, salah satunya diukur dengan kondisi ekonomi makro yang meliputi pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita, pemerataan pendapatan dan tingkat pengangguran serta kemiskinan. “Untuk itu, prioritas pembangunan 2018 diarahkan kepada peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan kualitas infrastruktur dan mendorong pengembangan wilayah,” katanya.
Eka meyakini, tahun 2018 nanti target-targetnya akan bisa tercapai dan bisa diselesaikan dengan baik, apabila dipadu serasikan melalui pendekatan perencanaan pembangunan daerah yang ditumbuh kembangkan bersama dunia usaha dengan memberikan pengawasan lebih kepada masyarakat. “Harapan saya, tetaplah berjalan sesuai koridor dan jangan melanggar aturan,” tandasnya.
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pembangunan  BKPP Wilayah IV Priangan Jawa Barat Drs. H. Dedeng Yusuf Maolani menyatakan, musrenbang  merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka memenuhi amanat UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2009 tentang Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Barat. Sehingga  proses pelaksanaan musrenbang diharapkan akan mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efesien, efektif, partisipatif dan akuntabel yang bermuara pada disusunnya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas.
 “Terkait penguatan RKPD tahun 2018, Kabupaten Sumedang diharapkan juga dapat menyusun kebijakan strategis, sasaran pembangunan serta rencana kerja yang secara nyata bisa diimplementasikan dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya.
Ketua DPRD Kabupaten Sumedang yang diwakili Ketua Komisi C, dr. H Iwan Nugraha menyebutkan, musrenbang kabupaten ini merupakan fase terakhir dalam perencanaan pembangunan dari pendekatan partisipatif.
“Yang harus dicermati juga, tahun 2018 merupakan tahun politik, dan jangan sampai kehilangan fokus. Karenanya, mau tidak mau ketercapaian RPJMD termasuk  tujuan tema utama tahun 2018 harus jadi fokus utama. Dan hal yang tak kalah pentingnya lagi adalah segala kegiatan, baik yang didanai APBD maupun APBN, termasuk DAK, semuanya harus masuk ke dalam RKPD,” tukasnya.
Musrenbang tingkat kabupaten dilaksanakan di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Kamis, (9/3), yang dihadiri Bupati H. Eka Setiawan unsur Bappenas RI, unsur Bappeda Provinsi Jawa Barat, Forkopimda, instansi vertikal, anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Para Assisten, pimpinan SKPD, para Camat, Forum Delegasi Musrenbang (FDM) dan Delegasi Kecamatan dan SKPD Organisasi Kemasyarakatan dan Profesi, LSM, Pimpinan perusahaan, para Lurah, Apdesi, Civitas Akademik Perguruan tinggi, Dewan Kebudayaan, Dewan Pendidikan, Asosiasi Pengusaha, Pendamping Desa P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) serta unsur Bappeda dari Kabupaten/Kota tetangga.

Adapun narasumber pada acara tersebut terdiri dari Deputi Pengembangan Regional dan Otda Kementerian PPN/Bappenas, unsur DPRD Kabupaten Sumedang, Kabid Pembangunan Wilayah IV Priangan, Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda Provinsi Jawa Barat, Civitas Akademik Unpad, Kepala Bappppeda, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sumedang.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar