Peranan Wanita di Daerah Terpencil Dinilai Masih Minim

Sumsel, Korsum
Peran wanita di daerah terpencil dalam pembangunan dinilai masih minim, sehingga perlu adanya dorongan agar wanita di daerah mampu berkontribusi dalam pembangunan di daerahnya. Maka, dengan program P2WKSS (Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) sebagai upaya untuk memicu dan memacu peran wanita agar memberikan kontribusi dalam pembanguan.
Seperti dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Zaenal Alimin, bahwa upaya mendorong wanita agar lebih berperan dalam pembangunan ini, Pemkab Sumedang menjadikan Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Sumedang Selatan, sebagai desa yang dibina melalui pelaksanaan program P2WKSS (Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera).
“Dengan program ini diharapkan bisa mendorong wanita untuk berkontibusi dalam pembangunan, khususnya di desanya. Dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan produktif di bidang pertanian, pelatihan pengembangan UMKM, kerajinan, dan pelatihan lainnya,” ujarnya, kepada Korsum, saat rapat inventarisasi persiapan program P2WKSS di kantor desa tersebut, Selasa (14/3).
Pembinaan sendiri, lanjut Sekda, harus dilakukan dengan intensif agar efek dari program ini bisa langsung diaplikasikan kaum hawa yang ada di Desa Mekar Rahayu. Disamping pembinaan dari SKPD terkait di tingkat kabupaten, organisasi-organisasi wanita di Sumedang juga turut bergerak memberikan pembinaan langsung, sehingga kedepannya mampu belajar dan memberikan kontribusi.
Ditempat yang sama, Kepala Desa Mekar Rahayu, Asep Suherman, menyebutkan, total penduduk wanita di desa yang letaknya berada di pegunungan ini sebanyak 1.800 jiwa dari total penduduk 3.300 jiwa. “Mayoritas tingkat pendidikan warga desa kami rata-rata hanya lulusan SMP. Selain ibu rumah tangga, jumlah wanita produktif di desa kami memang masih minim. Sehingga dengan adanya program P2WKSS ini, kami berharap dapat mendongkrak peran serta wanita dalam pembangunan di desa kami,” sebutnya singkat.

Sementara itu Camat Sumedang Selatan, M. Wasman berharap dengan program P2WKSS ini dapat memicu dan mendorong kaum wanita di salah satu desa yang letaknya jauh dari pusat ini untuk aktif berperan dalam pembangunan hingga turut meningkatkan kesejahteraan warga di desa tersebut. “Intinya kami berharap program ini bisa memicu dan memacu wanita bisa berkontribusi dalam pembangunan,” harapnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar