Rancangan Awal RKPD Tahun 2018 Dalam Forum SKPD Bappppeda Tahun 2017

Kota, Korsum
Forum SKPD adalah wadah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dengan SKPD sebagai upaya mengisi Rencana Kerja SKPD yang tata penyelenggaraannya difasilitasi oleh SKPD terkait, sehingga dalam pelaksanaan forum SKPD diharuskan menghadirkan perwakilan dari masing-masing kecamatan dengan membawa hasil Musrenbang Kecamatan.
Tema prioritas pembangunan tahun 2018 ini, yaitu Akselerasi Pemerataan Pembangunan Melalui Optimalisasi Pengembangan Potensi Wilayah. Latar belakang tema pembangunan, menurut Kepala Bappppeda, H. Sanusi Mawi, dimana ketimpangan antar daerah dapat memberikan dampak yang buruk bagi daerah-daerah pada suatu wilayah. Masalah kesenjangan ini akan bermuara pada bertambahnya jumlah penduduk miskin sehingga perlu penerapan pembangunan yang bersifat kewilayahan, yaitu pembangunan berdasarkan potensi dan kemampuan yang dimiliki suatu wilayah.
Pembangunan ekonomi daerah merupakan suatu proses melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengelola sumber daya yang ada, serta membentuk pola kemitraan antara pemerintah daerah dan sektor swasta untuk menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan ekonomi dalam wilayah tersebut.
“Supaya pembangunan ekonomi yang dijalankan dapat mengurangi persoalan-persoalan yang dihadapi daerah dengan efektif dan efisien, maka strategi pembangunan yang dilaksanakan harus mengacu pada karakteristik yang dimiliki daerah, terutama bagaimana menggunakan potensi sumberdaya manusia, sumber-sumber fisik daerah serta kelembagaan lokal baik yang formal maupun non formal,” ujar Sanusi dalam Forum SKPD Bappppeda, Jumat (3/3) di ruang Rapat Tajimalela Gedung Bappppeda Sumedang.
Sanusi menyebutkan, berdasarkan data tahun 2014-2015, terjadi peningkatan LPE dari 4,72% menjadi 5,23%, PDRB Per Kapita meningkat dari Rp19.746.992 menjadi Rp 21.831.145, IPM meningkat dari 68,76 poin menjadi 69,29 poin, Indeks Gini meningkat dari 0,328 poin menjadi 0,349 poin. “Tetapi kemiskinan pun meningkat dari 10,78 % menjadi 11,36% dan tingkat pengangguran juga turut meningkat  dari 7,51% menjadi 9%,” sebutnya.
Visi dan misi RPJMD tahun 2018 adalah Sumedang Senyum Manis (Sejahtera, Nyunda, Maju, Mandiri dan Agamis) dengan meningkatkan efektivitas pemerintahan daerah dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan kualitas demokrasi, mengembangkan sumber daya manusia Kabupaten Sumedang yang sehat, cerdas, terampil, dan produktif yang  dilandasi dengan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan, meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur wilayah, mengembangkan perekonomian Kabupaten Sumedang yang berdaya saing dan berkeadilan, serta memberdayakan dan melindungi kelompok-kelompok usaha kecil dan menengah, dan mengembangkan lingkungan Kabupaten Sumedang yang aman, nyaman, dan lestari berbasis budaya dan nilai-nilai kesundaan sebagai daya ungkit pembangunan.
Sanusi mengatakan, hasil dari forum SKPD ini yaitu menyusun Renja (Rencana Kerja) SKPD yang memuat kerangka regulasi dan kerangka anggaran yang dirinci menurut kecamatan dan sudah dibagi untuk pendanaan alokasi APBD Kabupaten Sumedang, APBD Provinsi dan APBN. Juga memilih anggota delegasi Forum SKPD atau Forum Gabungan SKPD untuk mengikuti Musrenbang tahun 2017 Kabupaten Sumedang serta menunjuk wakil forum SKPD yang akan melakukan presentasi di Musrenbang Kabupaten.
Adapun tujuannya, menetapkan kegiatan prioritas pembangunan yang akan dimuat dalam Renja SKPD, menyusun usulan kegiatan prioritas Renja SKPD dengan plafon/pagu dan SKPD yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah (Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah), dan mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi yang berkaitan dengan fungsi SKPD, terutama untuk mendukung terlaksananya Renja SKPD.
Hal-hal yang disiapkan untuk penyelenggaraan Forum SKPD adalah arah pembangunan Kabupaten Sumedang tahun 2018, yaitu penyempurnaan hasil-hasil pembangunan pada tahun sebelumnya serta terbangunnya landasan yang kuat bagi Bupati terpilih untuk dapat mengimplementasikan visi dan misinya dalam RPJMD tahun selanjutnya. Rancangan awal RKPD tahun 2018 jika sudah ada, Rancangan Renja SKPD serta Prioritas dan Plapon/pagu dana indikatif untuk masing-masing SKPD.
Sedangkan keluarannya adalah rekapitulasi hasil usulan kegiatan yang jadi program Bappppeda yang memuat kerangka relugasi dari kerangka anggaran SKPD yang menjadi bahan presentasi kelompok yang akan disampaikan pada Musrenbang Kabupaten.
“Forum SKPD harus memperhatikan masukan kegiatan, kinerja pelaksanaan kegiatan SKPD tahun berjalan, rancangan awal RKPD serta Renstra SKPD. Dan diharapkan pula terjadi proses sinkronisasi usulan program kegiatan SKPD,” pungkas Sanusi Mawi.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar