TPT Jalan Rabat Beton Jebol

Buahdua, Korsum
Tembok Penahan Tebing (TPT) pinggir ruas jalan rabat beton antara Desa Citaleus dan Desa Bojongloa Kecamatan Buahdua belum lama jebol tergerus air hujan. Meski belum terjadi longsor, namun berpotensi longsong bakal terjadi karena pinggir badan jalan  sudah bolong menganga. Sehingga saat ini kondisinya terancam  putus total.  
Seperti diutarakan Sekdes Citales Arli Rohmana, saat di lokasi kejadian, Kamis (23/3). Kata dia, kondisinya seperti itu, kendaraan roda empat tak bisa melalui jalan itu akibat TPT jalan sepanjang 20 meter kedalaman 5 meter jebol tergerus guyuran hujan secara terus menerus.
“Pengguna jalan sangat prihatin dan terutama anak sekolah yang menuju SMPN II dan SMPN I serta SMKN I Buahdua. Mereka harus berhati-hati jika melalui jalan tersebut sebab sebagian badan jalan sudah gorowong tanpa TPT sehingga dipastikan badan jalan itu longsor secara tiba-tiba,”ujarnya.
Menurutnya, TPT yang jebol itu diakibatkan saluran air (Draenase) tidak terpelihara dengan baik. Sehingga ketika hujan turun, jalan rabat beton itu seolah menjadi saluran air hujan yang tercurah dari bukit dan kebun yang terdapat diatas jalan tersebut.
“TPT jebol dianggarkan Rp 50 juta, tapi diharap ada bantuan para donatur  karena membutuhkan sekitar 120 Bronjong. Saat ini, baru terkumpul 19 Bronjong yang merupakan bantuan BPBD (Badan Pengendali Bencana Daerah). Kekurangannya, kami mohon bantuan pihak  terkait terutama Dinas PU,” sebutnya.

Diharyakus dan Atok, dua orang tokoh masyarakat Babakan Nagrak ini  berharap, kepada para calon Bupati Sumedang yang akan maju di Pilkada 2018. Jangan hanya bisa tebar pesona saja kepada rakyat, tapi turun ke wilayah terutama yang kena musibah. “Wahai para bakal calon pemimpin Sumedang, tunjukan kepedulianmu jika ingin menarik simpatik masyarakat,” katanya, Kamis (23/3).**[indang]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar