Dari 270 Baru 97 Desa, Ajukan Pencairan Siltap dan ADD

Kota, Korsum
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, terus genjot dalam verifikasi pengajuan pencairan Penghasilan Tetap (Siltap) perangkat dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah masuk. Dari 270 desa, kini baru masuk 97 desa yang memasukan APBDes untuk melakukan pencairan.
Hal tersebut, dikatakan Kepala Bidang Aset dan Keuangan pada DPMD Kabupaten Sumedang, Ili. Bahwa saat ini dari 270 desa, baru masuk 97 desa yang siap mengajukan pencairan Siltap dan ADD. “Yang sudah masuk itu tidak semata-mata bisa langsung diajukan untuk pencairan, melainkan harus diverifikasi terlebih dahulu,” tuturnya, kepada Korsum, di ruang kerjanya, Kamis (30/3).
Dalam melakukan verifikasi APBDesa tersebut, kata Ili, pihaknya harus cermat, pasalnya seringkali terjadi kesalahan yang dilakukan dalam pembuatan APBDes tersebut. “Kita harus teliti dalam melakukan verifikasi APBDesa, terutama dalam hal pengajuan kegiatan yang sipatnya tidak diperbolehkan atau memang harus direvisi lagi, karena yang kasihan kan desanya sendiri kalau nantinya kita loloskan dan terjadi adanya temuan,” terangnya.
Sementara itu, mengenai kendala dalam pemeriksaan APBDesa, Ili mengakui, masih banyak desa yang kurang memahami atau hanya Copas (Copy paste) APBDesa dari desa yang sudah terlebih dahulu bisa mencairkan. Hal itu karena SDM dari perangkat desa sendiri. “Ya kalau kendala sih ada saja, kadang ada APBDesa yang sama ataupun lupa menghapus, itu mungkin karena ada desa yang justru copas dari desa lainnya yang sudah cair,” ucapnya.
Akan tetapi dengan banyaknya permasalahan tersebut, Ili meyakinkan, kedepan pihaknya akan melakukan pembinaan ataupun pelatihan yang lebih terhadap perangkat desa, supaya tidak mengandalkan desa lain. Selain itu, pihaknya berharap peran Kasi PMD di kecamatan bisa berperan aktif dalam melakukan verifikasi di tingkat kecamatan.
“Yang evaluasi di tingkat kecamatan kan ada kasi PMD, jadi saya berharap evaluasinya bisa lebih baik, dan bisa mengarahkan atau memberitahu dimana letak kesalahannya pada desa,” pungkasnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar