Kemendikbud Percepat Pencairan PIP Tahun 2015 dan 2016

Kota, Korsum
Sebanyak 500 pelajar Sekolah Dasar dari 4 kecamatan di Kabupaten Sumedang mendapat bantuan percepatan pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) Sekolah Dasar Tahun Anggaran 2015 dan tahun 2016 dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, bertempat di halaman SDN Tegal Kalong Sumedang, Jum’at (7/04).
Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Kepresidenan RI (Tatang Badru Tamam), Direktur Pembinaan SD Kemendikbud (Wowon Widaryat), Staf Khusus Mendikbud (Alpha Amirrachman), Anggota Komisi 10 DPR RI (H. Doni Ahmad Munir), Bupati Sumedang H. Eka Setiawan, Pimpinan Cabang BRI Sumedang Muhammad Syarif Budiman, Kepala Dinas Pendidikan H. Sonson M. Nurikhsan, Ketua PGRI, Para Kepala Sekolah se-Kabupaten Sumedang, dan para orang tua serta siswa siswi SD.
Staf Khusus Mendikbud, Alpha Amirachman mengatakan, sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat, pihaknya terus berupaya untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bidang pendidikan di berbagai daerah. Salah satunya adalah menyalurkan Kartu Indonesia Pintar.
“Kami telah berkeliling ke beberapa titik tertentu, tercatat sudah 20 titik lebih menyerahkan KIP untuk anak yatim. Namun, sekarang yang kita lakukan di Kabupaten sumedang ini adalah percepatan pencairan PIP yang masih tersisa dari anggaran tahun 2015 dan 2016. Percepatan pencairan PIP ini diberikan untuk 500 orang siswa ini kita selesaikan dan kita tuntaskan, sekaligus menyiapkan KIP untuk tahun 2017,” ungkapnya.
Selain KIP ini, lanjutnya, kehadirannya di Sumedang ini untuk meninjau sekolah-sekolah yang terkena dampak Waduk Jatigede. “Kemarin kami sudah  melakukan monev dengan pa Tatang (Staf Kepresidenan). Kita komit dengan pemerintah daerah untuk membangun  dan menyelesaikan bersama-sama dampak Waduk Jatigede, khususnya di bidang pendidikan,” imbuhnya.
Alpha berpesan, khusus untuk persiapan kunjungan Presiden Jokowi pada 30 agustus 2017 nanti, diharapkan pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang melakukan persiapan dengan memperbaiki sarana dan prasarana sekolah. “Tentunya ini butuh kerjasama antara pusat dan daerah sehingga tidak ada kejomplangan antara yang dibangun APBD dengan APBN,” pungkasnya.
Sementara itu Bupati Sumedang H. Eka Setiawan merasa gembira penyerahan percepatan pencairan PIP yang langsung dilakukan oleh Staf khusus Kemendikbud. Bupati meyakini, bantuan untuk murid SD akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Sumedang.
“Saya harap, Dinas Pendidikan menjadikan kesempatan ini sebagai media agar selalu berkomunikasi dengan pemerintah pusat. Karena Sumedang tidak akan dapat membangun tanpa dibantu pemerintah pusat.  Mudah-mudahan bantuan ini tidak hanya hari ini,  tapi terus berlanjut,” ucapnya.

Bantuan percepatan pencairan Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar Tahun Anggaran  2015 dan 2016 tersebut secara simbolis  diberikan kepada 6 orang siswa, yaitu Rani Rahdani (SDN Sindang I Sumedang Utara), Setia Permana (SDN Sukawening Sumedang Utara), Andrian (SDN Kebon Seureuh Sumedang Selatan), Dena Ratih (SD Ciawi Sumedang Selatan), Sugian  dan Mesi (SDN  Ciuyah Cisarua).**[Suherly]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar