Menpar Tetapkan Festival Pesona Jatigede Jadi Acara Tahunan

Jatigede, Korsum
Festival Pesona Jatigede Tahun 2017 diselenggarakan di Tanjung Duriat, Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu, Sabtu (15/4). Festival Jatigede yang oleh Menteri Pariwisata telah ditetapkan menjadi festival tahunan, dibuka dengan pelepasan start 20 ribu peserta Trail Adventure Batras.
Bupati Eka Setiawan mengatakan, Wadu Jatigede dibangun dengan harapan bisa mensejahterakan masyarakat Sumedang kedepannya karena Waduk Jatigede akan mengairi sawah seluas 90 ribu hektare serta mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 2x25 megawat.
"Saya harap Waduk Jatigede bisa terus berkembang dan mempunyai banyak tempat berpotensi yang bisa secara langsung memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Sumedang," ujarnya seraya mengucapkan terimakasih atas kedatangan Menteri Pariwisata ke Sumedang yang merupakan kehormatan sekaligus kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumedang.
Selain itu, kata Eka, Waduk Jatigede juga bisa menjadi destinasi wisata di Indonesia. Kemajuan Jawa Barat dikontribusikan juga oleh Sumedang. Oleh sebab itu, pemerintah daerah Sumedang akan terus bergerak, baik untuk mensejahterakan masyarakat Sumedang maupun mendorong pembangunan Indonesia pada umumnya.
Mengenai masyarakat Sumedang yang terkena dampak pembangunan Jatigede ini jumlahnya 12 ribu Kepala Keluarga, dimana sebagian besarnya direlokasi di sekitar kawasan Jatigede yang tersebar di 13 titik.
"Masih banyak hal yang harus kita benahi, baik dari sisi insfrastruktur, pemberdayaan ekonomi dan sebagainya. Sekali lagi, saya berharap, dengan kehadiran Menteri Pariwisata disini, bisa membantu masyarakat Jatigede khususnya, dan masyarakat Sumedang untuk bisa bangkit dan menjadi kabupaten yang lebih maju," katanya.
Menurut Anggota Komisi X DPR RI, Doni Ahmad Munir, untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Jatigede, diperlukan komitmen yang kuat dengan mengoptimalkan tekad dan usaha untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Sumedang.
Waduk Jatigede d arapkan bisa menjadi magnet sebagai tempat wisata yang potensial. Selain itu, dengan dibangunnya Waduk Jatigede, bisa membantu memberikan mata pencaharian baru bagi masyarakt relokasi, serta tidak menciptakan kemiskinan baru di Kabupaten Sumedang.
Karena itu, lanjutnya, Jatigede diharapkan mempunyai daya tarik yang kuat sebagai destinasi wisata sehingga bisa menjadi salah satu objek wisata unggulan di Indonesia. "Karena secara otomatis hal ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat Jatigede," tutur Doni.
Sementara Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, Festival Jatigede ini bisa menjadi salah satu alat untuk mengembangkan destinasi pariwisata Jatigede.
Menurut Arief, intruksi dari Kemendagri terkait masalah pariwisata Jatigede, terlebih dahulu pemerintah harus menyusun master plan dengan matang untuk membangun kawasan pariwisata Jatigede secara terencana dan terorganisir.
Sebagai bentuk realisasi dari kegiatan ini, lanjut Arief, ada 4 desa yang akan dijadikan percontohan untuk pembangunan desa wisata, termasuk didalamnya wisata tirta, wisata kuliner, wisata kerajinan tangan, serta wisata fashion. "Kami akan mengadakan rakornas desa, kemudian akan diusulkan untuk desa tersebut agar bisa menghasilkan satu produk unggulan," imbuhnya.
Disebutkan Arief, merupakan suatu keuntungan bagi Kabupaten Sumedang relatif dekat dengan Bandara Internasional Jawa Barat yang akan rampung tahun 2019 nanti. Kalau itu selesai, maka otomatis pemerintah pusat akan melakukan destinasi untuk memperbaiki jalan yang memang kurang memenuhi syarat untuk akses menuju tempat wisata.
"Saya akan mengundang pihak Perhutani untuk bersama-sama membangun kawasan ekonomi pariwisata perhutanan di Sumedang. Ini untuk membangun ekonomi kreatif agar masyarakat bisa sejahtera," pungkasnya.
Diakhir acara, Menteri Pariwisata menetapkan acara Festival Jatigede tersebut menjadi agenda acara tahunan. Hal tersebut, dinilai Arief bisa membantu Sumedang dalam mengembangkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.' [FatullHendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar