MES Dorong Aktivitas Perekonomian di Sumedang Berbasis Syariah

Kota, Korsum
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Sumedang mendorong agar aktivitas perekonomian di Sumedang berbasis syariah. Hal ini sejalan dengan visi misi Sumedang Senyum Manis (Sejahtera, Nyunda, Maju, Mandiri, dan Agamis).
Ketua MES Sumedang, Agus Hermawan mengatakan, hal itu bisa diwujudkan karena saat ini di Sumedang sudah ada perbankan syariah, asuransi syariah, dan 20 BMT (Baitul Mall wa Tamwil) atau lembaga keuangan Islam mikro/koperasi syariah.
"Kalau bisa semua aktivitas perekonomian itu berbasis syariah. Minimalnya ada niat dulu," ujarnya Jumat, di lingkungan islamic centre (13/4)
Selain itu, dia berharap, ke depan, di Sumedang juga bisa hadir konsep wisata syariah seperti di daerah lain. "Dari sisi gerakan ekonomi syariah sudah sejak 1995. Tapi baru sekarang diwadahi secara kelembagaan. Kami berharap gerakan ekonomi syariah lebih kuat mengakar dalam kehidupan masyarakat Sumedang," tuturnya.
Senada, Ketua Dewan Pembina MES Sumedang Atje Arifin Abdullah mengatakan, ekonomi syariah bisa jadi alternatif untuk menekan angka kesenjangan. Agar tidak lagi yang miskin tambah miskin, yang kaya tambah kaya.
"Di sinilah tugas MES berperan mengkaji bagaimana menekan angka kesenjangan agar tidak terlalu jauh. Agar masyarakat miskin bisa keluar dari garis kemiskinan," sebutnya.
Sementara, Sekretaris Umum Pengurus MES Jawa Barat, Hasan mengatakan, permasalahan riba merupakan musuh perekonomian secara global termasuk Indonesia. Sehingga diharapkan, kehadiran MES bisa jadi alternatif solusi untuk mengedukasi masyarakat agar beraktivitas ekonomi secara syariah.
"MES sudah ada di 12 kabupaten/kota di Jawa Barat termasuk Kabupaten Sumedang. MES bisa mendorong perekonomian syariah tidak hanya terkonsentrasi pada perbankan. Melainkan bisa menembus batasnya seperti hotel syariah di Bandung, juga halal tourism seperti Aceh, NTB, dan Padang," katanya. [F. Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar