Praja IPDN Laksanakan Bhakti Karya Praja

Kota, Korsum
Sebanyak 1.308 praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan mengadakan Bhakti Karya Praja (BKP) tahun akademik 2016/2017 di wilayah Kabupaten Sumedang. Pembukaan BKP berlangsung di alun-alun Sumedang, Selasa, (25/4) dalam upacara yang dipimpin langsung Gubernur IPDN, Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS., yang bertindak selaku inspektur upacara.
Menurut Kepala Satuan Latihan Kabupaten (Kasatlatkab) IPDN, yang juga sebagai penanggung jawab BKP IPDN, Drs. Marzuki, M.Si, maksud diselenggarakannya BKP merupakan wujud implementasi tridharma perguruan tinggi, khususnya dharma pengabdian pada masyarakat. Adapun tujuan dari kegiatan ini agar praja IPDN memperoleh pengalaman praktis dengan mengetahui secara langsung berbagai aktifitas penyelenggaraan pemerintahan,  pembangunan dan kemasyarakataan yang dilakukan pada tingkat kecamatan, desa dan masyarakat.
"Bagi IPDN sendiri hal ini untuk lebih meningkatkan hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan pemerintah daerah, juga diharapkan dapat tertatanya penyelenggaraan pemerintahan sesuai undang-undang yang berlaku," ujarnya.
Marzuki menyebutkan, peserta terdiri dari 933 orang praja putra, 375 orang praja putri, Kasatlatkab 18 orang, Kasatlatcam 9 orang, serta Kasatlatdes 30 orang.
BKP berlangsung selama 30 hari, mulai tanggal 25 April sampai dengan 24 Mei 2017. Sementara lokasi  BKP dilaksanakan di 6 Kecamatan dan 60 Desa, yaitu Kecamatan Cisitu (10 desa), Kecamatan Situraja (8 desa), Kecamatan Darmaraja (12 desa), Kecamatan Jatinunggal (9 desa), serta Kecamatan Wado (10 desa).
Sementara itu Gubernur IPDN, Ermaya Suradinata menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sumedang, atas kontribusi dan keikutsertaannya membesarkan IPDN melalui  kegiatan pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan dalam bentuk sumbangan tenaga dan fikiran.
"Selama ini Pemda Sumedang telah menjadi laboratorium pemerintahan dalam kegiatan praktek lapangan sejak awal keberadaan IPDN berdiri hingga terlaksananya kegiatan BKP ini," katanya.
Ermaya mengatakan, BKP merupakan bentuk implementasi Tri Dharma perguruan tinggi, yakni dharma pengabdian pada masyarakat. Kami berharap, kegiatan ini dapat dijadikan momentum sebagai media pembelajaran untuk mengetahui dan menerapkan metode pengajaran, pelatihan dan pengasuhan yang selama ini diperoleh di kampus dengan kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan," pungkasnya.
Pembukaan BKP ditandai dengan penandatanganan naskah nota kesepahaman oleh Gubernur IPDN dan Bupati Sumedang, kemudian dilanjutkan penandatanganan naskah perjanjian kerjasama oleh Deputi Bidang Akademik IPDN serta penandatanganan naskah berita acara  serah terima peserta kuliah kerja nyata oleh Gubernur IPDN, perwakilan Gubernur Jawa Barat, dan Bupati Sumedang. 
Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Sumedang, Perwakilan dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Provinsi Jawa Barat, unsur Forkopimda, para kepala SKPD, para Camat, serta para unsur terkait lainnya.**[hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar