Putaran Akhir Roadshow Baznas Salurkan Bantuan

Pamulihan, Korsum
Roadshow Baznas yang dilaksanakan di desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan ini, memasuki putaran terakhir setelah sebelumnya Baznas berkesempatan mengunjungi 25 Kecamatan lainnya yang terdapat di Kabupaten Sumedang.
Kegiatan yang diselenggarakan sekaligus dengan peringatan Isra Miraj  Nabi Muhammad  1438 H itu,  dihadiri oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, asisten pembangunan, Kabag Kesra, unsur muspika Kec. Pamulihan, Ketua Baznas, para Kepala Desa, serta unsur terkait lainnya, Rabu, (12/4).
Selain menyalurkan dana Zakat dari para Muzakki dalam bentuk pemberian sembako bagi 55 Kepala Keluarga (KK) kaum dhuafa, bantuan untuk 3 Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU), bantuan untuk 22 orang anak yatim piatu, 1 unit bantuan sarana keagamaan, bantuan untuk 2 unit MCK, bantuan untuk 2 kegiatan dakwah, serta bantuan sembako untuk korban bencana alam tanah longsor.
Dalam roadshow ke Kecamatan Pamulihan, pihak Bank Sumedang juga memberikan bantuan sebesar Rp 10.000.000 untuk pembangunan mesjid besar di Kecamatan Pamulihan.
H. Ali Badjri, Selaku ketua Baznas Kabupaten Sumedang dalam kesempatan tersebut mengatakan, Zakat mal yang diterima Baznas dari Kecamatan Pamulihan terhitung dari Januari 2016 sampai dengan April 2017 sebesar Rp. 5.084.400. Untuk Infaq dan Sedeqah yang diterima Baznas dari Kecamatan Pamulihan sebesar Rp. 459.000.
Baznas juga menerima setoran sebesar Rp 8.000.000 dari Gebyar infaq 2000. Santunan yang diberikan Baznas kepada Kecamatan Pamulihan hari ini sebesar Rp 54.450.000, kemudian total santunan dari bulan Januari 2016 sampai dengan April 2017 sebesar Rp 93.600.500," paparnya.
Pelaksanaan Roadshow Baznas dalam rangka sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang No. 2 Tahun 2016 dan penyaluran/pendayagunaan zakat di Kecamatan Pamulihan tersebut, menurut Ali, mendapat dukungan penuh dari bupati.
"Hari ini, Baznas mengunjungi Kecamatan terakhir untuk memberi Zakat, Infaq, sodaqoh (ZIS) dan ini merupakan perintah langsung dari Bupati setelah Tahun-tahun sebelumnya masyarakat yang menerima santunan dari Baznas, datang langsung ke kantor Baznas," kata Ali.
Dikatakan Ali, pelaksanaan penyaluran ZIS yang langsung diberikan dengan mengunjungi Kecamatan-Kecamatan diharapkan bisa menimbulkan dampak positif, misalnya bisa memberi pengaruh kepada para muzzaki untuk membayar ZIS dengan optimal.
"Mudah-mudahan di tahun ini, target yang kita inginkan bisa tercapai. Sehingga Baznas bisa menyalurkan dana yang lebih banyak lagi kepada masyarakat," tukasnya.
Sementara itu Bupati Sumedang H. Eka Setiawan dalam kesempatan tersebut juga turut memberikan dukungan dan juga apresiasi kepada Baznas atas kinerjanya selama ini.
"Harapan saya , mudah-mudahan  tahun depan dana yang dikumpulkan oleh Baznas bisa meningkat, sehingga nanti masyarakat  yang mendapat bantuan-bantuan lebih banyak," pungkasnya. Kegiatan tersebut diakhiri dengan tausiah dari Ustad  Petruk.**[Fathul Arif)
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar