Ratusan Kades Digiring ke Pangandaran

Kota, Korsum
Meskipun tidak semua 270 kades ikut, namun lebih dari 200 kades digiring Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra ke Pangandaran. Alasan keberangkatan para kades itu beraneka ragam. Ada yang menyebut hanya silaturahmi, bermain, reses dewan, bahkan ada yang geleng-geleng kepala menyebut tidak tahu.
Menurut informasi dari beberapa kades, rencana keberangkatan ke Pangandaran itu sekitar jam 6 Sabtu pagi (8/4), bahkan terbagi di  beberapa lokasi keberangkatan seperti di jalan Pangeran Santri Gudang Kopi tepat wisma Gending, Situraja dan Tanjungsari.
Kata mereka, masing-masing kades akan dibekali Rp 1 juta oleh bakal calon bupati (Irwansyah) yang katanya hanya sekedar uang saku. “Iya betul kami dengan rombongan akan berangkat ke Pangandaran Sabtu jam 6 pagi, malah ada sebagian kades yang sudah mendahului pergi ke Pangandaran,” ujar salah seorang kades yang enggan disebut namanya. Namun dia, mengaku dari lingkungan Kecamatan Tanjungkerja.
Pokoknya, kades yang punya mobil sendiri, sudah menunggu di Pangandaran ujarnya lagi, terkecuali yang tidak punya mobil pribadi. “Saya sudah ada di Pangandaran pakai mobil pribadi, yang lainnya besok Sabtu ikut rombongan naik bus,” aku kades saat dihubungi via Hp-nya, Jumat (7/4), menyebut dirinya sudah berada di Pangandaran.
Lain halnya mengakuan kades dari Lingkungan Kecamatan Sumedang Utara. Dia mengaku bingung atas rencana berangkat ke Pangandaran. Sebab, katanya, tidak punya uang bekal karena ADD belum cair walaupun makan dan penginapan ditanggung Irwansyah, tapi setidaknya harus punya bekal sendiri.
Tepat jam 5 lebih 30 menit Sabtu pagi (8/4)  wartawan koran ini sudah berada dilokasi keberangkatan Gudang Kopi wisma Geding. Benar saja, sedikitnya 6 bus bertulisan ‘Pangandaran Tour Ulin Bareng Relawan Irwansyah Putra’ sudah berderet di jalan Pangeran Santri menunggu kedatangan para kades yang hendak berangkat ke Pangandaran.
Nampak beberapa panitia berserangan kaus merah sibuk mengatur para kades masuk ke bus masing-masing. Saat ditanya salah satu pantia yang tidak diketahui namanya menyebut, pak Irwansyah sudah berangkat duluan ke Pangandaran. Namun katanya, yang berangkat itu tidak hanya kades, tapi beberapa grup sanggar seni.
Bupati Sumedang Eka Setiawan saat hendak berangkat ke Kecamatan Cimalaka menghadiri Hari Satuan Gerak PKK ditanya wartawan soal keberangkatan para kades mengakui dirinya tidak tahu maksud dan tujuan para kades itu berangkat ke Pangandaran itu.
“Meskipun saya ini bapaknya para kades, tapi benar-benar tidak tahu. Tapi biarlah mereka berangkat,” ujar bupati di rumah dinasnya, Sabtu pagi (8/4).**[yf saefudin]



Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar