RPP Bakal Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Kota, Korsum
Sebagai program nasional KPU RI, Rumah Pintar Pemilu Sumedang (RPP) yang merupakan sarana edukasi publik dan pusat dokumentasi pemilu di setiap daerah diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Sumedang.
Menurut Sekretaris Daerah, Zaenal Alimin, RPP bisa berpengaruh pada partisipasi politik masyarakat. Diharapkan semua pihak harus bisa memanfaatkan keberadaan RPP, baik untuk konsultasi maupun diskusi. "RPP ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada, pileg dan pilpres nanti," ujarnya, Rabu (29/3) dalam acara launching Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPUD Sumedang.
Dalam launching tersebut juga dilakukan video confrence di empat lokasi berbeda, yakni SMKN Situraja, MAN 2 Sumedang, SMK Informatika dan SMAN Jatinangor. "Rumah Pintar dibangun untuk warga agar ada peningkatan pemahaman terhadap politik di Sumedang. Dengan Rumah Pintar ini mudah-mudahan masyarakat bisa lebih memahami dan dewasa dalam pandangan politik," katanya.
Sementara, Ketua KPU Sumedang, AsepKurnia menyebutkan, pihaknya ingin Pemilukada 2018 sebagai momentum agar masyarakat bisa mengetahui, memahami tentang pemilu. KPU ingin pemilu inklusif, masyarakat bisa mudah mendapatkan informasi, pengetahuan, penyelenggaraan, serta cara memilih dalam pemilu.
"Karena itu, KPU perlu membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat dengan membangun rumah pintar pemilu ini," katanya.
Asep menyebutkan partisipasi pemilih Sumedang merupakan yang tertinggi di Jawa Barat, yakni mencapai 80 persen. Dengan RPP ini diharapkan partisipasi pemilih bisa meningkat. Menurutnya, RPP didirikan guna memfasilitasi setiap warga yang menginginkan informasi berkaitan pemilu sehingga tempat tersebut dapat menambah wawasan bagi publik.
"Rumah pintar pemilu ini menjadi sarana belajar bagi siapa saja, misalnya pemilih pemula ataupun masyarakat umum untuk mengetahui banyak tentang pemilu," ujarnya.
Keberadaan RPP ini juga, lanjut Asep, agar masyarakat menilai pemilu sebagai hal yang penting. Masyarakat harus menjadikan pemilu itu bagian dalam kehidupan dan masyarakat harus menyadari pentingnya pemilu dan ikut pemilu.
"Kami ingin mempertahankan partisipasi pemilih yang paling baik diantara kabupaten/ kota lainnya, setidaknya ditunjukan dengan tingkat partisipasi pemilihdatang ke TPS. Makanya perlu kita dorong supaya masyarakat menyadari dan berpartisipasi dalam pemilu," ucap Asep.
Fasilitas yang ada di RPP KPUD Sumedang, diantaranya Pojok Informasi DPT dan Anjungan Informasi. Selain itu, ada contoh alat peraga pemilu seperti surat suara, bilik suara, alat pencoblos, dan tinta.

"RPP buka hanya pada hari dan jam kerja saja, kalau tanggal merah kita libur," pungkas Asep Kurnia.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar