Seluruh SMK di Sumedang Laksanakan UNBK

Kota, Korsum
SMK dan SMA di Kabupaten Sumedang, seluruhnya sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun demikian, UNBK yang pelaksanaannya baru pada tahun 2017 ini bukannya tanpa masalah.
Sebagaimana diungkapkan Kepala SMK PGRI 1, Beni, seyogyanya ujian dilaksanakan pada Pukul 08.00 WIB selama 120 menit per mata pelajaran dan soal UNBK mekanismenya langsung diberikan dari pusat melalui server online. Tetapi terjadi keterlambatan distribusi soal karena belum munculnya mata soal ujian pada komputer para peserta ujian sehingga UNBK menjadi molor.
Setelah tiga hari berjalan, lanjut Beni, pelaksanaan UNBK pada mata pelajaran umum tidak ada masalah dan berjalan lancar. “Tetapi memasuki keempat atau hari terakhir pelaksanaan UNBK, distribusi soal khususnya pada soal teori kejuruan mengalami sedikit kendala sehingga peserta UNBK kembali harus menunggu soal yang belum keluar dari pusat,” ujarnya.
Keterlambatan soal ujian tidak hanya terjadi di SMK PGRI saja, karena di SMKN 2 pun terjadi hal yang serupa dan kemungkinan terjadi pula pada SMK lain di Kabupaten Sumedang yang sedang melaksakanan UNBK.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Eka Setiawan menuntut agar para guru dapat menenangkan para peserta ujian, sehingga konsentrasi para peserta ujian tidak terganggu.
“Saya harap para guru untuk dapat mengendalikan situasi, yang penting mereka (peserta ujian) dibuat tenang dulu,” tegasnya usai melakukan monitoring pelaksanaan hari terakhir pelaksanaan UNBK pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan mengunjungi empat sekolah yaitu SMK PGRI 1 dan 2, serta SMKN 1 dan 2 Sumedang, Kamis (6/4).
 “Kita patut merasa bangga, karena mungkin se-Jawa Barat, baru di Kabupaten Sumedang yang pelaksanaan ujiannya telah menggunakan UNBK,” imbuh Bupati.

Adapun para peserta yang mengikuti UNBK, yakni SMK PGRI 1 (123 siswa), SMK PGRI 2 ditambah oleh siswa dari SMK PGRI Tanjungmedar yang melaksanakan UNBK di SMK PGRI 2 (480 siswa), SMKN 1 Sumedang (522 siswa), dan di SMKN 2 Sumedang (419 siswa).**[Suherly]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar