Sumedang Targetkan Dapat Opini WTP Lagi

Kota, Korsum
Kabupaten Sumedang bertekad meraih kembali predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ketika menyerahkan Laporan Keuangan Daerah (LKD) Kabupaten Sumedang Tahun Anggaran 2016, Jum’at, (31/3) di gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat.
Bersama sembilan kabupaten/kota yang ada di provinsi Jawa Barat, LKD Sumedang diserahkan kepada Kepala Perwakilan BPK Jawa Barat.
Bupati Eka Setiawan berharap, Kabupaten Sumedang kembali dapat meraih opini WTP untuk yang ketiga kalinya, setelah dua tahun berturut-turut Sumedang  berhasil mendapat Opini WTP atas penilaian dari BPK, yaitu pada tahun anggaran 2014 dan 2015 lalu.
“Tentunya kita bertekad untuk mempertahankan WTP agar dapat menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah,” ujarnya.
Kepala Perwakilan BPK Jawa Barat, Arman Syifa mengatakan, sesuai dengan Undang-undang yang berlaku, tiga bulan setelah selesainya tahun anggaran, pemerintah daerah harus segera menyerahkan laporan keuangan untuk dilakukan pemeriksaan oleh para auditor BPK.

“Tahun ini juga merupakan laporan berbasis akrual kedua. Mudah-mudahan mutu dan kualitas laporannya juga lebih baik dari tahun pertama pelaksanaan laporan berbasi akrual,” katanya.
Terkait pemberian opini WTP, Arman menegaskan, pihaknya juga menginginkan kalau seluruh pemerintah daerah yang diaudit nantinya bisa meraih WTP. “Kami sangat berharap semuanya mendapat WTP, tapi memang harus betul-betul pantas. Yang harus dipahami adalah kewajaran dari laporan keuangan, tidak menjamin kebenaran. Dan saya juga berharap agar dalam membuat laporan, kualitasnya semakin membaik karena tuntutan publik pun semakin kuat,” tuturnya.
Arman menambahkan, setelah LKD tiap kabupaten/kota diaudit, maka dalam waktu 30 hari pihaknya akan kembali ke daerah untuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam. “Sesuai dengan jadwal, mulai tanggal 4 atau 6 April kami akan kembali ke lapangan untuk menguji kewajaran angka. Dan kami pun tentunya memerlukan tambahan data dan informasi serta penjelasan lainnya di samping laporan yang telah kami terima. Untuk itu kami himbau kepada para tim kunci pemerintah daerah agar tetap berada di daerahnya masing-masing,” pungkasnya.**[hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar