TMMD Kodim 0610/ Sumedang Jembatan Margalaksana Dibangun

Sukasari, Korsum
Implementasi program TNI  Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 di wilayah Komando Distrik Militer 0610 Sumedang, berorientasi pada program Pemerintah Daerah (Pemda) yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu wacana pembangunan jembatan di Dusun Margalaksana Desa Sukarapih, Kecamatan Sukasari, merupakan salasatu realisasi dari program TMMD saat ini. 
Menurut Dandim 0610 Sumedang, Letnan Kolonel Arm I Made Mertha Yasa, S.Sos melalui Pasiter Kapten Inf. Cumitra, tujuan program TMMD diantaranya sebagai perwujudan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat. “Saat ini kita lakukan survey sebagai implementasi dari program TMMD,” tuturnya, saat melakukan survey ke lokasi pembangunan jembatan di Desa Sukarapih, Jumat (7/4).
Cumitra mengatakan, jembatan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat karena menjadi jalur alternatif, dan sebagai jembatan penghubung masyarakat di empat desa yakni Desa Sukarapih, Mekarsari, Margaluyu dan Sukasari. “Program TMMD sebagai upaya TNI dalam membantu Pemda dalam menciptakan kesejahteraan warga melalui pembangunan (fisik dan non fisik). Targetnya, tercipta suasana kondusif dan terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri,” tegasnya.
Sehingga, lanjutnya, melalui TMMD bisa menggelorakan semangat gotong royong, kebersamaan, kekeluargaan dan masyarakat memiliki partisipasi yang aktif. sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2011. “Anggaran atau biaya pembangunan, dibebankan ke pemda melalui APBD yang jumlahnya disesuaikan kemampuan masing-masing daerahnya. Kami berharap dampak pembangunan tersebut bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Cumitra.
Cumitra menambahkan, sebelumnya 7 Februari 2017,  tahapan penentuan obyek oleh tim asistensi TMMD Kabupaten Sumedang dan perangkat  desa, hingga dipilihlah Desa Sukarapih. Ia mengatakan, pelaksanaan pembangunannya, diperkirakan dua bulan kedepan dan sekarang sudah memasuki tahapan survey.
Ditempat yang sama, Kepala Desa Sukarapih, Setiawan Saputra, menyambut baik program TMMD yang ke 100 dan diimplementasikan melalui pembangunan jembatan margalaksana. “Kami ucapkan terimakasih, diharapkan dengan memiliki jembatan representatif, berdampak terhadap peningkatan perekonomian warga,” ucapnya.
Setiawan menuturkan, saat ini kondisi jembatan masih menggunakan bahan sederhana dari bambu, dan jika hujan deras, sungai disana acap kali luber, hingga berdampak terendamnya lahan pesawahan milik warga. Diharapkan seusai pembangunan jembatan yang juga penataan lokasi tersebut, disana menjadi nyaman. "Jika jembatan rampung dibangun, tak menutup kemungkinan akses tersebut bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat,” katanya.

Selain itu, Setiawan mengaku, seluruh masyarakat di empat desa, menyatakan kesiapannya dalam turut serta dalam pengerjaan pembangunannya. "Warga sepakat, akan siap membantu anggota TNI dalam proses membangun jembatan tersebut hingga tuntas,” pungkasnya.** [Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar