UNBK Di MA Lancar

Kota, Korsum
Hasil monitoring Kementerian Agama Kantor Kabupaten Sumedang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Sumedang, tidak ditemukan kendala berarti. Seluruh madrasah baik yang berada di kota maupun di kecamatan-kecamatan melaksanakan jian dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
Kepala Kemenag Sumedang, H. Hasen menyebutkan, kekurangan sarana komputer di masing-masing madrasah telah diatasi dengan membagi waktu menjadi tiga shift. Pihak Kemenag, kata Hasen, terus mengupayakan agar semuanya dapat terpenuhi sehingga nantinya bisa satu shift.
“Kita terus memperjuangkan melalui Kanwil Kemenag Jawa Barat agar terpenuhinya sarana prasarana, terutama yang menyangkut komputernya,” ujarnya, Kamis (13/4).
Hasen berharap, semua siswa yang telah menyelesaikan tahapan terakhir pembelajarannya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Adapun yang tidak memungkinkan melanjutkan ke perguruan tinggi tapi memiliki softskill, agar segera bergabung dengan dunia kerja dan menciptakan lapangan kerja serta berbagai kegiatan sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya dan bisa hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di wilayah Sumedang maupun di tempat-tempat lain.
Sementara Bagian Humas Kemenag Sumedang, H. Hasan Bisri menambahkan, pelaksanaan UNBK ini sempat dikhawatirkan banyak terkendala ketersediaan unit komputer dan jaringan internet. "Namun kekhawatiran tersebut telah diantisipasi sejak awal sehingga tidak begitu menghambat pelaksanaan UNBK," katanya.
Bisri mengungkapkan, ketersedian komputer dan akses jaringan internet di masing-masing madrasah berbeda-beda. "Tiap-tiap madrasah mengaturnya dengan beberapa sesi ujian. Begitu juga dengan akses internet yang dipergunakan untuk mengakses server ujian, berbeda pula,” katanya lagi.
Disebutkan, ada madrasah yang sudah memakai jaringan internet kabel, jaringan internet operator selular. “Bahkan di sebagian daerah ada yang sengaja dari awal mendirikan tiang pemancar setinggi belasan meter menjulang ke udara untuk jaringan internet khusus," sebutnya.

Kemenag Sumedang sangat mengapresiasi kepada madrasah-madrasah penyelenggara UNBK di Kabupaten Sumedang yang sudah mempersiapkan segalanya dengan baik. "Sehingga kekhawatiran teknis maupun psikologis dari peserta ujian bisa diantisipasi. Dan semua siswa bisa melakukan ujian dengan tenang tanpa beban psikologis," imbuhnya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar