Bupati Akui Pemda Dililit Utang BPJS Rp 70 M

Kota, Korsum
Pantastis, Pemda Sumedang dililit utang ke BPJS Kesehatan hingga Rp 70 miliar. Namun kata Bupati Eka Setiawan, punya utang ke BPJS itu tidak hanya Pemda Sumedang saja, namun hampir seluruh kabupaten dan kota punya tunggakan utang ke BPJS Kesehatan.
“Saat ini, Sumedang sedang landa kirisis anggaran. Tapi kita akan cari upaya menyelesaikan utang piutang tersebut. Sebab, BPJS terbentuknya tahun 2015 sedangkan utang itu dihitung kebelakang hingga kondisinya memberatkan didalam keterbatasan anggaran APBD Sumedang,” kata bupati di IPP, Selasa (16/5).
Ditempat terpisah, sebelumnya Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Adrika Wendy, usai sosialisasi Virtual Service dan Kanal pendaftaran Senin (15/5), kepada sejumlah wartawan mengungkapkan, tunggakan utang Pemda Sumedang ke BPJS Kesehatan mencapai Rp 70 miliar yang saat ini masih ngagantung belum dibayar.
Untuk menyelesaikan utang piutang antara BPJS dan Pemkab Sumedang telah melakukan mediasi melalui Kejaksaan Negeri Sumedang. Namun hasilnya tak memuaskan pihak BPJS, karena Pemda hanya bisa bayar utang itu sekitar Rp 4 miliar sehingga utangnya masih banyak. “Mediasi baru sekali dilakukan pihak Kejaksaan dan kami berharap tunggakan utang itu dibayar penuh,” tandasnya.
Disinggung alasan penyebab Pemda menunggak hingga sebesar itu?, Adrika mengatakan, alasannya memang klise yakni terkait terkendalanya masalah anggaran keuangan di pemerintah Sumedang. “Sama seperti yang terjadi di daerah lain, Pemda sedang ada masalah dengan keuangan,” katanya.
Disebutkan, merujuk pada Peraturan Presiden, diantaranya mengaturan terkait  pembayaran iuran BPJS Kesehatan dari 5% ditanggung pihak pekerja dan sisanya 4% oleh si pemberi kerja.  Hal itu berbeda dengan PNS, iuran sebesar 5% itu, sebesar 2% oleh PNS dan Pemkab sebesar 3%.

Selain terkendala soal anggaran, ternyata lanjut Adrika, Pemkab Sumedang belum menganggarkan secara maksimal untuk iuran BPJS  sehingga kondisinya saat ini terhitung masih tunggakan. Tapi berharap Pemda Sumedang dapat menyelesaikan persoalan utang-piutang tersebut.**[yf saefudin]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar