Dinas PUPR Penuhi Panggilan Ombudsman RI

Kota, Korsum
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumedang, memenuhi panggilan Ombudsman RI terkait pengaduan warga Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu mengenai kondisi jembatan Cibayawak yang hingga kini tak kunjung diperbaiki.
Kepala Dinas PUPR, Sujatmoko membenarkan, pihaknya bersama Asisten Pembangunan sudah memenuhi panggilan Ombudsman pada Senin (29/5). Menurutnya, warga melaporkan pemerintah Kabupaten tidak pernah memperhatikan jembatan bambu yang melintasi sungai Cibayawak tersebut sejak mengalami kerusakan akibat terjadinya bencana alam pergeseran lapisan tanah yang mengakibatkan tanah di beberapa kawasan menjadi amblas. Sementara jembatan tersebut sangat vital dan menjadi akses penghubung antar dusun di Desa Cinangsi.
Sujatmoko menyebutkan, pemerintah bukannya tidak peduli ataupun tidak memperhatikan kondisi jembatan tersebut, tapi saat itu anggarannya memang terbatas. "Kita sudah sampaikan dan jelaskan seluruh permasalahannya kepada Ombudsman dan sekarang semuanya sudah klir," tandasnya, Selasa (30/5) di ruang kerjanya.
Sujatmoko mengatakan, jembatan Cibayawak akan diperbaiki tahun 2017 ini dengan nilai besaran anggaran sekitar Rp 600 juta yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). "Saat ini sedang dalam tahapan proses lelang dan bahkan pemenang lelangnya sudah ada. Awal Bulan Juni ini akan segera dikerjakan," katanya.
Jembatan ini rusak akibat bencana tanah bergerak di lereng Gunung Lingga pada tahun 2010 lalu. Kawasan Cinangsi ini mengalami pergerakan tanah ambles. Rumah-rumah di kawasan ini rusak berat sehingga warga pun harus direlokasi. Namun jembatan yang menjadi penghubung antar dusun di Desa Cinangsi hingga kini tidak diperbaiki.
Camat Cisitu, Ari Kusnadi mengatakan, lokasi jembatan itu berada di kawasan rawan bencana alam dan tanahnya labil. "Jembatan ini sangat vital dan sangat dibutuhkan warga karena menjadi akses penghubung beberapa dusun bahkan hingga menuju jalan Sumedang-Darmaraja," katanya lewat satelepon genggamnya, Rabu (31/5).
Ari membenarkan, beberapa waktu lalu warga Desa Cinangsi mengeluhkan kondisi jembatan penghubung antar dusun yang melintasi Sungai Cibayawak telah bertahun-tahun rusak dan belum juga mendapatkan perbaikan dari pemerintah meskipun warga telah seringkali melaporkannya ke dinas PU. Bahkan warga pun beberapa kali mengganti alas jembatan dengan kayu dan bambu agar dapat dipergunakan melintasi sungai Cibayawak.
"Soal siapa yang melaporkan ke Ombudsman, saya tidak tahu. Saya sudah tanya ke warga tapi tidak ada yang mengaku melaporkan. Tapi menurut pihak Dinas PUPR tahun ini akan diperbaiki dan anggarannya sudah ada," pungkas.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar