Jaling Sindang Palay Diduga Tidak Sesuai Spek

Sumsel, Korsum.
     Jalan Lingkungan (jaling) di Kelurahan Pasanggrahan Baru Sindang Palay Rw 03 diduga pembangunan jaling nya tidak sesuai Spek, jalan sepanjang 168 meter dengan lebar 3 meter tersebut diduga tidak akan bertahan lama karena campuran material, terlihat dari beberapa sudut jalan.
     "Jangan dikira kami sebagai warga tidak memperhatikan pola kerja dari pemborong, kami mengetahui dan melihat sendiri, apakah akan bertahan lama kalau pekerjaan jalan ini campuran material nya tidak sesuai dengan aturan?," tanya sumber Korsum yang mewakili warga Sindang Palay Rabu (31/5).
     Dikatakan sumber, semen yang habis dari panjang jalan 168 meter dan lebar 3 meter tersebut hanya 110 sak, pasir hanya 4 dumtruk, dan split hanya 3 dumtruk, kalau di kubikasikan pasir dan split hanya habis 42 kubik.
     "Kami yakin, ini tidak sesuai dengan RAB nya. kenapa demikian? karena memang kami berasumsi dengan dasarnya kenyataan jalan lingkungan yang sudah kadung dibangun tersebut, tapi yang heran kami, kenapa waktu di PHO bisa lolos dari pemeriksaan?, ini kan anggarannya tidak sedikit, pembangunan jaling ini menghabiskan anggaran kurang lebih Rp.141 jutaan dan di kerjakan oleh CV.Trio Mustika," ujar warga.
     lebih jauh warga menjelaskan, pekerjaan ini selesai hanya dengan tujuh hari kerja, dan itupun diborongkan pekerjaan tersebut sebesar Rp.10 juta, jangan menganggap warga kami ini bodoh soal kontruksi, kami cukup mengerti dan bisa menghitung, semisal, kalau dikerjakan oleh warga, cukup dengan anggaran Rp.70 juta sudah cukup mewah dan bakal awet.
     "Ada yang aneh, kenapa tidka boleh dilalui oleh kendaraan truk segala? apa takut kelihatan cepet rusak? karena semen nya kurang atau material campurannya kurang?, tolong lah, proyek bukan hanya untuk keuntungan bagi pengusaha saja, kami juga sebagai penerima manfaat ingin dong jalan tidak cepat rusak, tolong lah di periksa kembali, jangan hanya karena ada pemeliharaan gampang saja menyelesaikan masalah," kesal warga.
     Ditemui Korsum Rabu (31/5) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahaan dan Pemukiman Kabupaten Sumedang Gungun Akhmad Nugraha mengatakan bahwa permasalahan ini akan segera memanggil Kepala Bidangnya, dan akan segera meninjau kembali jalan lingkungan tersebut, dan pihak dinas pun akan segera memberikan jawabannya setelah nanti di cek kembali kelapangan.**[Dady]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar